Connect with us

Ketahuan Mudik, Siap-siap Disuruh Putar Balik Oleh Petugas Lantas Muratara

Foto Kasat Lantas Polres Muratara AKP Nazharudin saat menunjukan stiker larangan mudik 2021

Muratara

Ketahuan Mudik, Siap-siap Disuruh Putar Balik Oleh Petugas Lantas Muratara

MURATARA,LK-Pemerintah resmi melarang masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2021.Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Aturan larangan mudik itu mulai diberlakukan pada tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang.

Melalui surat edaran ini, pemerintah tegas melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini demi mencegah penularan virus corona Covid-19. Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

Oleh karena itu, Petugas Sat Lantas Polres Muratara akan menindak tegas, dengan akan menyiapkan beberapa titik perbatasan, pihak kepolisian akan memutar balik kendaraan yang kedapatan mudik.

“Jadi inti gelar operasi keselamatan ini, kita menghimbau kepada masyarakat, baik pengguna kendaraan pribadi, travel atau juga bus, kita menghimbau kepada masyarakat tidak melaksanakan mudik,”kata Kapolres Muratara AKBP Eko melalui Kasat Lantas AKP Nazharudin kepada Linggauklik.com, Rabu (14/4/2021).

Hal tersebut kata dia bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19, karena saat ini Covid-19 itu masih ada. Sehingga Untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang mudik duluan atau mencuri start sebelum tanggal diberlakukan,  maka pihak Lantas akan melaksanakan patroli.

Selain itu sambung dia, pemasangan spanduk himbauan dan juga pemasangan stiker himbauan jangan mudik kini dilakukan. Dengan bekerjasama melalui lintas sektoral, seperti Dishub dan juga Polpp.

“Jadi kita akan melakukan tindakan persuasif, jadi kalau memang mereka ditemukan akan mudik, maka secara tegas pelaku mudik akan kita minta putar balik arah,”tegas Kasat.

Dia juga menjelaskan, untuk kondisi jalan saat ini kondisinya masih normal dan tanda-tanda masyarakat akan melaksanakan mudik saat ini belum ada.

Kasat juga menghimbau, ataa nama Sat Lantas Polres Muratara, khususnya kepada Masyarakat Muratara untuk tidak melaksanakan mudik karena sekarang masih masa pandemi.

Karena terang dia, dengan masyarakat tidak mudik, dan berkumpul dengan keluarga, ini tidak tahu mana yang membawa penyakit atau terinfeksi covid-19.

“Jadi dihimbau jangan mudik demi kesehatan dan keamanan kita bersama,”tutupnya.

Selain itu, dirinya juga menambahkan, selama bulan ramadan pihaknya juga melaksanakan giat patroli dengan cara hunting dan yang menjadi sasaran yakni pengendara yang menggunakan knalpot racing.

Selai itu pihaknya juga menargetkan balap liar, jadi setiap subuh anggota melaksanakan giat Patroli antisipasi balap liar, hal tersebut berguna untuk menjaga kenyamanan umat islam selama bulan ramadan.

“Selain itu jika ditemukan ada yang bermain dengan petasan, maka itu akan saya sita,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top