Connect with us

Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Lalulintas, Satlantas Polres Musi Rawas Gelar Patroli Hunting Tertibkan Truk ODOL

Musirawas

Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Lalulintas, Satlantas Polres Musi Rawas Gelar Patroli Hunting Tertibkan Truk ODOL

MUSI RAWAS LK-Dalam upaya peningkatan keamanan lalu lintas, Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Musi Rawas (Satlantas Polres Mura), melaksanakan patroli hunting di Kabupaten Mura.

Kegiatan ini tidak hanya menargetkan pengguna kendaraan dengan knalpot bising, tetapi juga truk Over Dimension Overload (ODOL), yang membahayakan keselamatan bersama.

Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, melalui Kasat Lantas, AKP Saharudin SH, didampingi Kasi Humas, AKP Herdiansyah, saat dimintai keterangan, Minggu (19/5/2024).

“Sebenarnya, kami, Satlantas Polres Mura, rutin melaksanakan patroli hunting pengendara kendaraan dengan knalpot bising serta pengemudi truk ODOL, dengan upaya peningkatan keamanan lalulintas yang membahayakan keselamatan pengedara dijalan,” kata Kasat Lantas didampingi Kasi Humas.

Kasat Lantas menjelaskan, saat melakukan patroli hunting pengendara kendaraan dengan knalpot bising serta pengemudi truk ODOL, masih ada ditemukan pengendara ataupun pengemudi yang melakukan pelanggaran. Maka dari itu, diberikan peringatan bagi pengendara yang melanggar namun ada juga yang kami lakukan tindakan, terkhusus truk ODOL.

“Tindakan ini dilakukan sesuai dengan Pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009, kendaraan yang sudah tidak standar pabrik atau hasil modifikasi tentunya sangat membahayakan pengemudi ataupun pengendara lain dan merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, artinya akan diancam pidananya penjara selama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 24.000.000 (dua puluh empat juta rupiah),” papar Kasat Lantas.

Lebih lanjut, Kasat Lantas menjelaskan, penertiban pengedara yang melakukan pelanggaran dan penertiban truk ODOL merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan lancar.

“Operasi ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, dan kelancaran berlalu lintas serta dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, pengendara dan pengemudi akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas,” tuturnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Musirawas

Trending

Terkini

LinggauKlik

To Top