Connect with us

Seorang Warga Lubuklinggau Diblacklist Mendaki Gunung Dempo, Akibat Memetik Tanaman Endemik

Foto Gunung Dempo di Pagaralam, dan 10 kelompok pemuda yang di blacklist mendaki gunung dempo karena kedapatan memetik tanaman endemik

Sumsel

Seorang Warga Lubuklinggau Diblacklist Mendaki Gunung Dempo, Akibat Memetik Tanaman Endemik

PAGARALAM,LK-Seorang warga Lubuklinggau berinisial AZ, terpaksa selama tiga tahun dilarang atau diblacklist mendaki Gunung Dempo kota Pagaralam, karena kedapatan memetik tanaman endemik kayu panjang umur di Gunung yang dilindungi Undang-undang.

Saat mendaki AZ tak sendiri, AZ bersama sembilan orang temannya asal wilayah Sumsel, mereka turut ikut dilarang mendaki Puncak Gunung Dempo di Kota Pagaralam, karena sekelompok pemuda itu kedapatan memetik bunga yang dilindungi.

Ketua Balai Registrasi Gunung Dempo (Brigade) Arindi, awalnya ada seorang pendaki kesurupan di Jalur Pintu Rimba pada Minggu (10/01/2021) kemarin, dan saat itu terdapat 10 orang pendaki.

Awalnya kata Arindi, Tim ranger ingin menolong pendaki yang kesurupan itu, namun tim justru marah besar karena ada kantong kresek berisi tanaman Kayu Panjang Umur dalam jumlah banyak yang dibawa mereka.

Karena mereka kedapatan membawa tanaman yang dilindungi Undang-undang, Setelah tim evaluasi sikap mereka tidak bisa ditoleransi, jadi harus diblacklist.

“Ada 10 pemuda yang kita larang mendaki, mereka berinisial AR VV, RL, KRD, FS,  PSW, PY, DH asal Empat lawang serta AZ dari Lubuklinggau dan MF dari Palembang,”tegas Arindi, Selasa (19/1/2021).

Sebelumnya diceritakan ia, ada salah seorang pendaki wanita sempat dilarang naik ke puncak Gunung Dempo karena sedang menstruasi, namun wanita tersebut nekat tetap mendaki.

Lalu ketika turun dan sampai di pintu Jalur Rimba salah seorang pendaki kesurupan sehingga Tim Ranger langsung bergerak memberikan pertolongan meski akhirnya para pendaki justru disanksi.

Oleh sebab itu, agar kejadian serupa tak terjadi lagi Arindi mengingatkan para pendaki untuk mematuhi semua aturan ketika mendaki Gunung Dempo mulai dari kelengkapan peralatan, kelestarian alam, hingga pemilihan jalur karena pelanggaran-pelanggaran yang ada berpotensi dibawa ke ranah hukum.

“Sebab sebelumnya Brigade juga memblacklist 11 orang pendaki karena kedapatan mendaki dari jalur ilegal pada akhir Desember 2020,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Sumsel

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top