Connect with us

Duka Menyelimuti Kepergian Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Bagindo Togar: Terakhir Kontak by WA

Foto ketua KPU Sumsel Kelly Mariana semasa hidup. Foto sumber internet

Sumsel

Duka Menyelimuti Kepergian Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Bagindo Togar: Terakhir Kontak by WA

PALEMBANG,LK-Pengamat Politik Sumatera Selatan (Sumsel) Bagindo Togar, tak kuasa menahan air matanya, ketika tahu sahabatnya Kelly Mariana Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Meninggal Dunia.

Kelly Mariana meninggal dunia setelah dirawat beberapa hari di RS RK Charitas Palembang, Minggu (17/1/2021). Dan tentu kabar tersebut mengejutkan publik.

Bagindo mengaku mengenal Almarhumah Kelly jauh sebelum wanita berhijab tersebut menjabat sebagai ketua KPU Sumsel.
Sama-sama berkuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsri, membuat Bagindo sering terlibat kegiatan semasa di kampus.

Tak hanya mengenal Kelly secara pribadi, bahkan Bagindo mengungkapkan bahwa ia bahkan cukup dekat dengan keluarga almarhumah.

“Saya masih tidak menyangka mendengar kabar duka ini. Almarhumah sudah seperti adik saya sendiri,”katanya saat di wawancarai melalui pesan WhatsApp, Senin (18/1/2021).

Ia menilai, Almarhumah  merupakan sosok wanita yang cerdas, supel, humble dan selalu komitmen dalam menjalankan setiap pekerjaan yang diembannya.

Dibawah kepemimpinannya, Bagindo menyebut nyaris tidak ada gejolak baik di dalam internal maupun dengan eksternal.
Sebagai wanita yang memimpin KPU Sumsel, sosok Kelly di mata Bagindo menurutnya sangat menghormati senior dan mengayomi junior.

Komunikasi yang baik dan tidak pernah macam-macam dalam bertugas membuat KPU Sumsel dikomandoi menjadi sangat baik.

Kelly itu komunikasinya baik, selalu mau mendengar. Tidak pernah memandang orang dari status sosial. Almarhumah merupakan sosok pekerja demokratis yang cerdas,” tegas Bagindo.

Salah satu hal yang paling diingat Bagindo bersama Kelly dalah pada saat ia berdua membuat riset mengenai Perempuan dan Politik di Sumsel pada tahun 2019.

“Terakhir Kontak by WA dengan, Almarhumah Kelly 12 Januari, by Phone 24 Desember 2020, kami ngobrol lebih dari 30 menit. Selamat Jalan Adinda Sahabat Kami, Bahagilah disisinya Amin,”ungkap ia.

Diungkapkannya, saat itu pada terakhir dirinya dan Almarhumah kontak via WhatsApp, ia membahas tentang keputusan menonaktifkan Arif Budiman sebagai Ketua KPU Pusat.

Seperti dilansir Antarasumsel Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Kelly Mariana meninggal dunia di Rumah Sakit Charitas Palembang pukul 06.00 WIB setelah sempat terkonfirmasi positif COVID-19 sementara suaminya juga masih diisolasi.

“Iya pagi tadi (meninggal) terpapar COVID-19, mohon doanya,” kata Anggota KPU Sumsel Bidang Sosdiklih Parmas dan SDM Amrah Sulaiman saat dikonfirmasi, Minggu.

Sebelumnya Kelly Mariana mengaku terkonfirmasi positif COVID-19 pada 13 Januari 2021 dan menunjuk Amran Muslimin sebagai pelaksana harian Ketua KPU, Kelly harus menjalani isolasi di RS Charitas Palembang karena mengalami gejala sakit serta meminta SDM KPU yang berkontak denganya melakukan uji usap.

Kelly diketahui berapakali berkegiatan di Jakarta sebelum terkonfirmasi positif, kemudian setelah dinyatakan positif COVID-19 seluruh SDM KPU Sumsel diliburkan untuk sterilisasi gedung.

Kelly Mariana lahir di Palembang 5 September 1967, perempuan yang pernah mengenyam pendidikan St Jhons Collage Whyalla South Australia (1988) dan FISIPOL Universitas Sriwijaya (1992) itu meninggalkan seorang suami A. Yamin serta empat orang anak.

Sebelum menjadi Ketua KPU Sumsel untuk periode 2018/2023, Kelly pernah menjadi komisioner KPU Sumsel periode 2009-2013, pernah juga menjadi konsultan Kepemiluan BRIDGE untuk KPU Australia (AEC) 2014-2015 dan konsultan Kepemiluan BRIDGE untuk KPU (2015-2018).

Selain itu Kelly masih tercatat sebagai anggota Internasional Electrion Expect Forum sejak 2011 dan anggota AFS Internasional sejak 1989.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Sumsel

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top