Connect with us

Cegah Laka Lantas, Ditlantas Polda Sumsel Bentuk Satgas Penindakan Lawan Arus Lalin

Sumsel

Cegah Laka Lantas, Ditlantas Polda Sumsel Bentuk Satgas Penindakan Lawan Arus Lalin

PALEMBANG LK – Untuk mencegah kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) dan meningkatkan kesadaran pengendara kendaraan mematuhi aturan lalu lintas di jalan raya.

Ditlantas Polda Sumatera Selatan (Sumsel) membentuk Satuan Tugas (Satgas) penindakan bagi pengguna kendaraan yang melakukan pelanggaran melawan arus di jalan raya.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumsel, KBP C.F Hotman Sirait melalui Wadir Lantas, AKBP Sigit Adiwuryanto didampingi Pamin 1 STNK Subditregident sekaligus Padal 1 Tim Penindakan Melawan Arus Lalu Lintas, Iptu Suwandi mengatakan tim penindakan melawan arus ini karena melihat dinamika di jalan raya masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang mencuri kesempatan melawan arus untuk mempercepat sampai di tujuan.

Hal tersebut tentunya membahayakan keselamatan pengendara sendiri dan pengguna jalan lainnya.

“Melawan arus salah satu faktor fatalitas terjadinya kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas). Dan melanggar Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) Pasal 287,”tegas Iptu Suwandi saat melakukan penindakan pengendara lalu lintas melawan arus. Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, hari pertama tim melakukan penindakan di Jalan Soekarno Hatta (Pakjo Ujung) dan Bukit Besar Palembang.

Di jalan tersebut banyak di junpai para pengendara melawan arus lalu lintas dengan tujuan memotog jalan agar cepat sampai di tujuan. Padahal sangat jelas ada rambu terpasang di larang melawan arus. Namun, masih melawan arus.

“Kita harapkan tumbuh kesadaran para pengendara kendaraan di jalan raya untuk mematuhi aturan lalu lintas. Tidak hanya ketika ada polisi lalu lintas. Melainkan menjadi budaya sehari-hari. Malu melakukan pelanggaran di jalan raya,”jelas dia.

Selain itu, tim juga senantiasa turun ke lapangan melakukan penindakan bagi pelanggar lalu lintas yang melawan arus dan di minta dengan tegas para petugas untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk tidak melawan arus walau saat tidak melaksanakan tugas ataupun yang lainnya.

“Jadilah contoh di masyarakat dan terus memberikan imbauan agar masyarakat sadar pentingnya patuh dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan kendaraan di jalan raya,”tutupnya.(Rls/Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Sumsel

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top