Connect with us

Politik SARA dan Politik Uang Masih Jadi Musuh Pada Pilkada 2020

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Politik

Politik SARA dan Politik Uang Masih Jadi Musuh Pada Pilkada 2020

MUSIRAWAS,LK-Ketua Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Oktureni Sandra Kirana mengungkap Isu Suku Agama, Ras dan Antargolongan (SARA), serta praktik politik uang menghambat kualitas suatu Demokrasi.

Karena kedua hal tersebut masih menjadi musuh demokrasi, terutama dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, hal itu tentu hanya akan menciptakan rantai korupsi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Politisasi SARA dalam kontestasi pilkada juga tampak menyeruak dan menghentakkan kesadaran masyarakat. Hal ini tidak bisa dibenarkan, karena mendelegitimasi identitas SARA tertentu dengan mengunggulkan identitas yang lain,”kata Reni kepada wartawan, Kamis (18/9/2020)

Ia menyebutkan, dalam Pasal 69 Undang Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala Daerah, yang isinya dalam melaksakan kampanye pilkada, dilarang melakukan penghinaan kepada seseorang, agama, suku, ras dan golongan terhadap calon kepala daerah.

Bahkan, dalam pasal yang sama, disebutkan bahwa dalam kampanye juga dilarang menghasut, memfitnah, mengadu domba, baik partai politik, perseorangan dan atau kelompok masyarakat.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Politik

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top