Connect with us

Ini Jadwal Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Mendatang

Foto rapat  Evaluasi Pemilihan Serentak 2020 dan Persiapan Pemilu Serentak 2024 Kabupaten Musi Rawas, di Hotel Dewinda Lubuklingau, Kamis (22/4/2021).

Politik

Ini Jadwal Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Mendatang

LUBUKLINGGAU,LK-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Pramono Ubaid Tanthowi, menginformasikan jadwal Pemilu, Pilpres dan Pilkada serentak pada tahun 2024 mendatang.

“Revisi UU pemilu, tampaknya perbincangan baik dikalangan elit, maupun kalangan pemerintah, maupun DPR sudah mulai memudar,”kata Pramono Ubaid Tanthowi saat rapat  Evaluasi Pemilihan Serentak 2020 dan Persiapan Pemilu Serentak 2024 Kabupaten Musi Rawas, di Hotel Dewinda Lubuklingau, Kamis (22/4/2021).

Dijelaskan dia, ini jadwal yang sudah ditetapkan KPU RI, diantaranya penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) legislatif akan dilaksanakan pada Februari atau Maret 2024.

Lanjut dia, Pemilihan Presiden (Pilpres) sekitar April 2024, sedangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Bupati/ Walikota serentak November 2024.

“Artinya di tahun 2024 merupakan tahun sibuk pesta demokrasi,” ungkapnya.

Menurutnya momen itu menjadi tantangan berat bagi partai politik, sebab Januari-April fokus pemilu, lansung dilanjutkan fokus ke pilkada serentak

Sementara ini juga menjadi tantangan berat bagi penyelenggara. Karena dikatakan berat, karena menurut dia KPU mempunyai pengalaman di pemilu 2019 lalu. Dimana pemilu saat itu dengan 5 surat suara. Disini menjadi berat saat mempersiapkan logistik, mulai dari kotak suara, suara dan sebagainya.

Tentu jelas dia, ini Menjadi pengalaman pula, dengan banyaknya surat suara, banyak kotak suara dan banyak macamnya itu, membuat petugas TPS kewalahan.

“Pengalaman buruk di 2019 terjadi ribuan petugas TPS maupun tugas keamanan yang meninggal karena kelelahan,”terang dia dan dia tidak ingin kejadin seperti itu terulang lagi.

“Yang inilah yang perlu kita perhatikan kedepan, bagaimana caranya, agar tidak terjadinya lagi banyak petugas meninggal,” ungkapnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Politik

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top