Connect with us

Belum Cukup Syarat, Akisropi-Baikuni Siapkan 15 Ribu Dukungan Tambahan

Foto Penyerahan berita acara rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan di kantor KPU Muratara

Politik

Belum Cukup Syarat, Akisropi-Baikuni Siapkan 15 Ribu Dukungan Tambahan

MURATARA,LK-Dari hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Muratara, Senin (20/7/2020) pasangan Akisropi Ayub dan Baikuni Anwar dinyatakan belum cukup syarat untuk maju di jalur perseorangan pada Pilkada Kabupaten Muratara nanti

Kepada wartawan, Ketua KPU Muratara Agus Maryanto mengatakan pihaknya sudah melaksanakan verifikasi faktual berkas dukungan bakal pasangan calon perseorangan sejak 29 Juni hingga 12 Juli 2020.

“Pasangan Akisropi Ayub dan Baikuni Anwar belum mencukupi syarat,” kata Ketua KPU Muratara Agus Maryanto kepada awak media usai rapat pleno terbuka.

Adapun jumlah minimal dukungan jalur perseorangan di Pilkada Muratara 2020 sebanyak 14.868 jiwa dan minimal tersebar di 4 kecamatan dari 7 kecamatan di Muratara.

Agus menyatakan, berdasarkan rekapitulasi hasil verifikasi faktual jumlah pendukung bakal pasangan calon perseorangan yang memenuhi syarat sebanyak 13.975 jiwa.

Jadi jumlah kekurangan saat sebanyak 893 jiwa, sementara untuk sebaran di Kecamatan sudah memenuhi Syarat karena seluruh Kecamatan ada pendukung.

Dengan rincian, Kecamatan Karang Dapo 1.370 jiwa, Kecamatan Ulu Rawas 928 jiwa, Kecamatan Rawas Ilir 738 jiwa, Kecamatan Rawas Ulu 2.876 jiwa, Kecamatan Nibung 1.269 jiwa, Kecamatan Karang Jaya 3.176 jiwa, dan Kecamatan Rupit 3.618 jiwa.

Ia menyebutkan, untuk bisa mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Muratara di Pilkada 2020, pasangan Akisropi – Baikuni harus menambah kekurangan dukungannya.

“Jumlah dukungan perbaikan yang wajib diserahkan kepada KPU adalah dua kali lipat dari kekurangan, artinya minimal 1.786 dukungan,” jelas Agus.

Sementara bakal calon perseorangan, Akisropi Ayub menyampaikan, pihaknya akan menyerahkan berkas dukungan perbaikan kepada KPU.

Timnya sudah menyiapkan 15 ribu dukungan lagi untuk diserahkan ke KPU sebagai perbaikan.

“Kami akan lakukan perbaikan, dukungan yang telah kami siapkan ada sekitar 15 ribu lagi, akan kami serahkan semua,” katanya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Politik

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top