Connect with us

Tahun Ini, Minat Anak Masuk Ponpes Meningkat

Foto Ponpes Mazro'illah Kota Lubuklinggau.

Pendidikan

Tahun Ini, Minat Anak Masuk Ponpes Meningkat

LUBUKLINGGAU,LK-Keinginan orangtua untuk mempercayakan anaknya belajar di lembaga pendidikan non formal pondok pesantren (Ponpes) dinilai cukup tinggi. Hal itu dibuktikan oleh Ponpes Mazro’illah Kota Lubuklinggau.

Hal itu, dapat dilihat banyaknya peserta yang mendaftar dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2020 di Ponpes Mazroillah.

Pimpinan Ponpes Mazroi’llah KH. Saipul Hadi didampingi Kepala MTs Mazro’illah Marsusi mengatakan khusus MTs sampai sekarang ini yang sudah mendaftar mencapai enam kelas dan dalam satu kelas terdiri dari 28 orang.

“Minat masyarakat untuk masuk ke Ponpes setiap tahunnya mengalami peningkatan,”kata Marsusi, Senin (29/6/2020)

Dikatakan ia, berbeda dari tahun sebelumnya, dimana Ponpes menerima delapan kelas dan tahun ini membatasi jumlah pendaftaran, sesuai dengan yang ada dan menerima sesuai kuotanya.

Masih kata Marsusi, Ponpes memang layak menjadi pilihan orang tua. Karena selama menempuh pendidikan di Ponpes, mereka tidak hanya diajarkan tentang kecerdasan intelektual saja tetapi juga spiritualnya, dimana otak anak diisi dengan ilmu dunia dan akhirat.

Sebabnya setiap hari mereka ditanamkan ketaqwaan, kesopanan, kasih sayang, kecintaan untuk selamat akhirat dan ketidaksukaan untuk melanggar aturan.

Ia juga mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menerima jika ada calon peserta didik yang ingin mendaftar, baik untuk jenjang SD, Mts dan MA.

Marsusi menjelaskan, ponpes Mazro’illah sendiri memiliki visi mengantarkan santri dan keluarga Mazro’illah menjadi soleh, berilmu dan maju.

Sedangkan misinya, mendidikan santri dengan doktrin ilmu tauhid, fiqih dan akhlaq, mengajarkan ilmu keterampilan agama, membaca Al-Qur’an, kitab kuning, qori dan bahasa, ilmu kemasyarkatan dan ilmu keorganisasian.

Selain itu, juga mengajarkan ilmu keterampilan seperti keterampilan multimedia, komunikasi, keilmuan maisyah atau ilmu sumber kehidupan yakni dilatih beternak, bercocok tanam dan pembukuan perdagangan.

“Tidak hanya itu saja, fasilitas Ponpes Mazro’illah juga lengkap meliputi sarana olahraga dan seni yang lengkap, kegiatan belajar menggunakan infokus serta memiliki laboratorium Komputer, IPA dan IPS serta memiliki berbagai kegiatan ekskul, mengasah potensi dan meningkatkan prestsi anak,”jelasnya.

Ia juga mengatakan seperti ekskul pramuka, hadro, english club, organisasi ISKAM dan beberapa lainnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Pendidikan

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top