Connect with us

MAN 1 Linggau Terapkan Zero Plastik, Siswa Diminta Bawa Makanan Sendiri Dari Rumah

Pendidikan

MAN 1 Linggau Terapkan Zero Plastik, Siswa Diminta Bawa Makanan Sendiri Dari Rumah

LUBUKLINGGAU,LK-Problem sampah plastik menjadi isu global karena berdampak buruk kepada kehidupan. Penanganan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Tak terkecuali sekolah-sekolah.

Upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah terbebas dari sampah plastik, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Lubuklinggau, menerapkan program Zero Plastik yakni sekolah bebas sampah plastik.

Aturan ini mulai diberlakukan pihak sekolah sejak tahun ajaran baru, agar para siswa tidak membuang sampah terutama plastik di lingkungan sekolah.

“Hampir setiap hari kan menurut pantauan madrasahkan hampir setiap hari memproduksi sampah plasti,”kata Kepala Sekolah MAN 1 Kota Lubuklinggau Taslim kepada Linggauklik.com, Rabu (11/9/2019)

Dikarenakan plastik sudah permasalahan dunia jelasnya, maka itu sekolah mebuat sebuah lembaga ini, dengan tujuan ingin berperan walaupun Kecil untuk mengurangi produksi sampah di sekolah. Harapannya di MAN 1 ini betul-betul nol sampah plastik.

Untuk mendukung kegiatan zero plastik ini dijelaskannya, hal tersebut dilakukan dengan diawali dari aktivitas kantin, karena penghasil sampah terbesar itu adalah sampah penjualan dari penjualan kantin tempat makan siswa.

“Mulai dari minuman kemasan mulai dari bungkusan makanan dalam bentuk plastik, karena sebagian besar dari plastik, sebab itulah kami bentuk kantin yang dimanakan kantin ceria yang pada dasarnya anak makan disana bisa enjoy makananya juga makanan yang sehat dan makananya juga tidak menghasilkan plastik,”ungkapnya.

Sehingga sambungnya, tekanan pihaknya kepada para penjual di kantin untuk tidak menjual makanan yang bisa menghasilkan sampah plastik misalnya minuman air mineral, mie instan, minuman sachet.

“Dan alhamdulillah pihak kantin mendukung dan sekarang sudah berjalan,”terangnya.

Untuk mendukung program kegiatan  zero platik ini, pihaknya juga mewajibakan kepada seluruh siswa yana ada di MAN 1 ini, untuk membawa makanan dari rumah dan tempat makanan sendiri. Kemudian membawa minuman dari rumah  sehingga ketika mereka mau makan tempat makannya ada, dan kalau keadaannya makanan tidak bawa mereka bisa membeli dikantin.

“Harapan kami pada dasarnya memang siswa itu bisa makan dari makanan yang dibuat dari orang tuanya, sehingga apa yang dimakan oleh anak- anak itu makanan yang memang betul makanan yang dibuat oleh orang tuanya,” tegasnya.

Untuk mendukung kegiatan itu juga dikatakan Taslim, di setiap kelas juga sudah sediahkan air minum galon yang diberi nama program galonisasi, jadi sekolah tidak menyiapkan minuman mineral dalam bentuk kemasan.dan ketika galonya habis bisa diisi ulang.

Dengan program ini, untuk mendukung kegiatan zero platik, nantinya akan  ada penilaian kelas terbersih dan sehat.

Dengan program harapkanya sampah-sampah platik yang selama ini di produksi di MAN 1 ini bisa berkurang dan kalau bisa dengan sekuat tenaga sampai titik zero platik dan tidak ada lagi sampah platik.

“Alhamdulillah respon anak-anak menyabut baik kegiatan ini,”pungkasnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Pendidikan

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top