Connect with us

Belajar Lewat Daring, Ini Konsep Yang Disiapkan MAN 1 Lubuklinggau Agar Siswa Semangat

Foto Kepala Sekolah MAN 1 Kota Lubuklinggau Taslim

Pendidikan

Belajar Lewat Daring, Ini Konsep Yang Disiapkan MAN 1 Lubuklinggau Agar Siswa Semangat

LUBUKLINGGAU,LK-Aktivitas belajar mengajar siswa di tengah pandemi virus corona (covid-19) akan tetap berlangsung secara daring. Kebijakan ini berlaku seiring dimulainya tahun ajaran baru pada 13 Juli 2020

Dengan dimulainya kegiatan belajar menggunakan Daring, Kepala Sekolah MAN 1 Kota Lubuklinggau Taslim ajak siswa tetap semangat belajar.

“Pembelajaran daring ini merupakan pilihan dari kondisi pandemi Covid-19 ini, kondisi kini sudah hampir enam bulan proses pandemi ini berjalan, mudah-mudahan kita kedepan bisa merancang proses pembelajaran daring lebih baik,”kata Kepala Sekolah MAN 1 Kota Lubuklinggau Taslim, Kamis (9/7/2020).

Walaupun begitu, ia menyadari banyak sekali kekurangan dan hambatan yang ada dilapangan. Tentu dalam pembelajaran daring ini membutuhkan guru yang paham tentang IT,  guru yang mempunyai kreativitas, karena daring perlu kreativitas guru dalam membuat sesuatu yang bisa dibuat online.

Hal tersebut tentu dapat menarik minat siswa untuk semangat belajarnya. Dirinya sebenarnya lebih yakin kalau siswa lebih semangat belajarnya dengan tatap muka.
Namun karena kondisi dan keadaan. Menuntut untuk menyesuaikan kondisi yang ada, selain itu juga tuntutan jaman bahwa sekarang ini merupakan jaman yang online.

Mudah-mudahan Harap Taslim, ini menjadi pengacu dan penyemangat bagi guru, pegawai dan para siswa untuk menghadapi proses-proses kegiatan yang ada di Madrasah dimasa yang akan datang.

“Yang jelas kami dari MAN 1 Kota Lubuklinggau berusaha menyiapkan protokol covid yang sudah ditentukan pemerintah,”terangnya.

Mulai dari himbauan, menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, memberikan himbauan untuk jaga jarak dan ini sudah disiapkan. Karena sebut Taslim pelayanan di MAN 1 ini tidak berhenti, sekolah bukan hanya melayani proses pembelajaran saja, tetapi pelayanan dibidang administrasi, tata usaha itu tetap dibuka dan protokol Covid-nya harus dipatuhi.

Masalah daring menurut ia, alhamdulillah banyak pilihan pada dasarnya, sekolah sendiri di Kementerian Agama sudah mempunyai aplikasi pembelajaran daring namanya aplikasi e- Learning.

Selain itu MAN 1 sendiri sudah siapkan selver 24 jam nonstop dan  dengan begitu siswa dan guru mudah mengakses aplikasi e-Learningnya.

“Dan memang kembali lagi terkadang ada kendala, namanya jaringan online, mulai dari wifi, data internet dan mungkin ada anak-anak yang tidak bisa mengakses, bisa itu karena jaringan buruk, dan bisa juga karena kuota, mungkin maaf ada anak yang tidak mampu itu menjadi kendala,”jelasnya.

Tentu sambungnya, yang seperti ini perlu di antisipasi, bukan hanya pembelajaran daring yang diutamakan, sekolah juga mesti melayani anak-anak yang belum bisa terjangkau dengan kondisi keadaan dilapangan.

Dan ia menghimbau kepada anak-anak MAN I Kota Lubuklinggau tetap semangat, patuhi anjuran pemerintah, mudah-mudahan kalau patuh dengan aturan yang ada, wabah ini akan segera berakhir.

“Mudah-mudahan Lubuklinggau menjadi zona hijau dan kita bisa beraktivitas kembali secara normal, terutama disekolah,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Pendidikan

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top