Connect with us

MTQ Tingkat Kabupaten Muratara 2019 Resmi Ditutup

Muratara

MTQ Tingkat Kabupaten Muratara 2019 Resmi Ditutup

*Muratara Siap Sambut STQH Tingkat Provinsi

MURATARA,LK-Bupati Musi Rawas Utara H Syarif Hidayat menutup secara resmi perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Tahun 2019. Acara Penutupan ini digelar di Kecamatan Nibung, Jumat (8/2/2019). Tuan Rumah, Kecamatan Nibung tampil sebagai Juara Umum pada MTQ ke-5 tingkat Kabupaten Muratara ini.

Sedangkan peringkat dua diraih oleh Kecamatan Rupit, Ketiga Kecamatan Ulu Rawas, keempat Kecamatan Karang Dapo, Kelima kecamatan Karang Jaya, keenam Kecamatan Rawas Ulu dan Peringkat Terakhir diraih Kecamatan Rawas Ilir yang juga ditunjuk sebagai Tuan Rumah MTQ ke-6 tahun 2020.

 

PIALA BERGILIR. Bupati Muratara, Syarif Hidayat saat melakukan Penyerahan Piala Bergilir Juara Umum kepada Kecamatan Nibung.

 

KET FOTO: Bupati H. Syarif Hidayat, Ketua TP PKK Kabupaten Muratara Lia Mustika Syarif, Sekda Muratara H. Zainal Arifin, Kepala Kemenag Muratara H. Ikhsan Baijuri memberikan Tropi Juara secara simbolis.

Penutupan acara MTQ dihadiri juga oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muratara, camat se-Kabupaten Muratara, Ketua MUI, DMI, LPTQ, Dewan Hakim, KUA dan tokoh agama serta ribuan masyarakat Muratara.

Juara 1 putra dan putri mendapatkan uang pembinaan sebanyak Rp3 juta rupiah dan tropi serta piagam penghargaan, Juara 2 putra dan putri mendapatkan uang pembinaan Rp2 juta rupiah, tropi dan piagam. Juara 3 putra dan putri mendapatkan uang pembinaan sebanyak Rp1 juta rupiah tropi dan piagam.

Setelah MTQ tingkat Kabupaten ini, tanggal 8-14 April 2019 mendatang, Muratara akan melaksanakan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke -25 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Sebanyak 20 orang putra dan putri terbaik Muratara akan dipilih dan diikutsertakan mengikuti STQH tingkat propinsi ini. Cabang Lomba yang akan diseleksi adalah Tilawah anak-anak dan Dewasa, Tahfizul Quran 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 jus dan 30 juz. Selain itu, Tafsir Bahasa Arab, Hafalan 100 hadist dan 500 hadist.

H. Syarif Hidayat Bupati Musi Rawas Utara dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta yang meraih Juara MTQ tingkat Kabupaten Muratara.

“Kepada para peserta yang meraih peringkat juara pada masing-masing cabang yang diperlombakan dalam MTQ ini,  saya mengucapkan selamat dan semoga prestasi ini bisa dipertahankan di masa akan datang,” kata Bupati Syarif.

Ia berpesan, dalam menghadapi STQH April mendatang agar mempersiapkan diri mewakili Kabupaten Muratara bersaing dengan kabupaten lain.

“Setelah ini para juara saya minta untuk mempersiapkan diri saudara untuk mewakili Kabupaten Musi Rawas Utara dalam STQH tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Pada Bulan April 2019 di Kelurahan Muara Rupit,” jelas bupati.

Sebagai tuan rumah, lanjut bupati, Muratara harus memberikan usaha yang terbaik agar menjadi juara di berbagai cabang yang dilombakan.

Dan bagi peserta yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam even MTQ ini, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan yang akan datang.

Orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini juga mengingatkan, jangan berhenti dan berputus asa dalam melakukan syiar Islam demi meningkatkan budaya al quran di masyarakat.

“Saya mengingatkan baik kepada yang menang ataupun yang belum berhasil, bahwa semangat bermusabaqoh untuk meraih penghargaan, tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Al Quran dan membudayakan Al Quran dalam kehidupan umat islam,” katanya.

Lebih jauh bupati menerangkan, pelaksanaan MTQ ini merupakan sebuah upaya dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi alquran yang tidak boleh berhenti sampai disini.

“Untuk itu diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah agar penyelengggaraan kegiatan MTQ ini tampak dan secara nyata serta terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita kedepan,”pungkas Bupati. (prw/ani)

Penulis : Zaida Abdi
Copyright@linggauklik.com_2019

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top