Connect with us

Wali Kota, Bupati dan Anggota DPRD di Sumsel Dilarang Dinas Luar Kota

Foto bapak Gubernur Sumsel Herman Deru/ Foto Sumber internet

Nasional

Wali Kota, Bupati dan Anggota DPRD di Sumsel Dilarang Dinas Luar Kota

PALEMBANG,LK – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menyiapkan surat edaran untuk melarang setiap kepala daerah dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) semua tingkatan untuk tidak melakukan perjalanan Dinas luar kota ke luar Sumatera Selatan. Kebijakan ini terkait upaya mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Herman Deru mengatakan dalam kondisi wabah virus corona seperti saat ini, kepala daerah baik itu bupati maupun wali kota memiliki peranan penting dalam memantau keadaan di daerahnya masing-masing. Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat.

“Hari ini saya akan sampaikan surat edarannya. Kepala daerah untuk tidak diperkenankan meninggalkan tempat. Kecuali sifatnya memang sangat penting,”kata Herman Deru.

Menurutnya, kebijakan itu juga berlaku untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di semua tingkatan. Kalau pun ada jadwal reses, maka lebih baik dilakukan untuk mengunjungi daerah pemilihannya masing-masing, dan bukan justru berkunjung ke luar Sumsel.

Jadi ia minta mereka (anggota DPRD) reses sekaligus melakukan kampanye membawa pamflet. Tapi dalam artian kampanye untuk cegah dan tangkal virus corona.

Herman Deru mengatakan, kepala daerah di 17 kabupaten/kota agar dapat menemani warganya. Sebab dalam situasi seperti ini mereka butuh perhatian, sehingga dapat terhindar dari banyak informasi bohong atau hoaks yang dapat menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat.

“Masyarakat saat ini butuh bimbingan terkait apa dan bagaimana yang harus dilakukan dalam upaya mencegah penularan virus corona ini. Disinilah pemerintah harus hadir,”

Selain dari itu, Herman Deru juga meminta agar masyarakat untuk sementara waktu menunda kegiatan yang sifatnya dapat menimbulkan kerumunan massa. Seperti acara pernikahan dan sebagainya. Jika pun terpaksa, maka harus diberlakukan social distance.

“Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan terkait pencegahan virus corona ini nantinya akan kami evaluasi per 10-20 hari dengan menyesuaikan keadaan kedepannya seperti apa,”tutupnya.(rdw)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Nasional

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top