Connect with us

8 Kondisi Yang Tanpa Disadari Bisa Merusak Otak, Jadi Jomblo Juga Termasuk

Nasional

8 Kondisi Yang Tanpa Disadari Bisa Merusak Otak, Jadi Jomblo Juga Termasuk

JAKARTA,LK – Otak merupakan salah satu organ vital yang membuat kita mampu berfungsi sehari-hari. Bahkan, seorang pasien yang berada dalam kondisi mati otak sering dinyatakan sebagai meninggal dunia.

Sama seperti organ lainnya, otak juga harus dijaga kesehatannya agar semakin optimal bahkan ketika menua. Ada delapan kebiasaan buruk yang bisa merusak otakmu, dirangkum dari WebMD, sebagai berikut:

1. Sering Kurang Tidur

Kebutuhan zaman modern kini semakin mengurangi banyak hal, salah satunya soal tidur. Kurang tidur bisa merusak otak, dengan menimbulkan penyakit seperti demensia dan juga penyakit Alzheimer’s. Meskipun sibuk, usahakan untuk punya waktu tidur yang sama setiap harinya. Dan jika kamu mengalami kesulitan tidur, hindari alkohol, kafein, dan penggunaan gadget menjelang waktu tidur. Usahakan tidur dalam suasana yang kondusif.

2.Sering Sendirian

Hati-hati buat para jomblo! Sering sendirian bisa meningkatkan risiko penuaan otak dan Alzheimer’s. Manusia diciptakan untuk bersosialisasi, koneksi dan ikatan dengan orang lain meskipun sedikit terlihat lebih bahagia dan produktif. Perbanyaklah interaksi dengan orang lain atau bergabung dengan beberapa komunitas yang sesuai minatmu.

3.Banyak Makan Junk Food

Bagian otak yang terkait dengan pembelajaran, memori dan kesehatan jiwa berukuran lebih kecil pada orang yang sering memakan junk food, seperti burger, kentang goreng, keripik kentang dan minuman ringan. Menggantinya dengan perbanyak mengonsumsi buah beri, gandum atau biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan sayuran hijaun bisa menjaga fungsi otak dan memperlambat penuaan otak.

4.Pakai Volume Tinggi di Earphone

Di era teknologi zaman sekarang melihat orang mengenakan earphone di mana-mana sudah bukan pemandangan asing. Namun perhatikan volume saat menggunakannya, jika terlalu tinggi bisa merusak pendengaran secara permanen dalam 30 menit. Tak hanya telinga, otak juga bisa kena dampaknya. Karena bisa jadi otak harus bekerja lebih keras untuk mendengar. Gunakan earphone tak lebih dari 60 persen maksimum volume dan jangan lebih dari dua jam.

5.Kurang Bergerak

Kurang bergerak, jarang berolahraga, dan gaya hidup sedenter bisa meningkatkan risiko terkena demensia. Tak hanya itu, juga bisa membuatmu berisiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi. Berolahraga tak perlu yang keras, kamu bisa mulai dengan hanya setengah jam berjalan-jalan di sekitar rumah, setidaknya lakukan selama 3 hari dalam seminggu.

6.Merokok

Sudah jelas bahwa merokok memiliki deretan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya bisa menyusutkan otak dan itu bukanlah hal yang bagus. Penyusutan otak bisa menganggu memori dan membuatmu dua kali berisiko terkena demensia dan juga Alzheimer’s.

7.Berlebihan Makan

Tak cuma soal kebanyakan makan junk food, namun berlebihan makan meski makanan sehatpun, otak bisa kehilangan kemampuan untuk membangun jaringan koneksi yang bisa membantumu berpikir dan mengingat. Apalagi jika kamu makan berlebihan dalam waktu yang lama, kamu bisa terkena obesitas yang membahayakan.

8.Jarang Keluar Ruangan

Cahaya alami yang berasal dari matahari bisa membantu menyehatkan otak. Itulah mengapa sejak dari bayi hingga dewasa anjuran untuk berjemur sinar matahari di pagi hari sering kita dengar. Jika kita terlalu lama berada dalam ruangan dan sedikit terkena cahaya matahari, besar risikonya untuk terkena depresi yang bisa melambatkan otak. Banyak riset yang menyebutkan bahwa sinar matahari bisa membuat kinerja otak semakin optimal.(rdw)

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4697663/8-kondisi-yang-tanpa-disadari-bisa-merusak-otak-jadi-jomblo-juga-termasuk

copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Nasional

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top