Connect with us

Website Desa Dorong Transparansi Pemerintah Desa

Musirawas

Website Desa Dorong Transparansi Pemerintah Desa

MUSI RAWAS LK– Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan transparansi pemerintahan desa, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan.

Terlebih, di era digitalisasi seperti saat ini, platform digital menjadi primadona tersendiri.

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Dodi Johan, mengingatkan pentingnya pengelolaan informasi berbasis website di tiap desa se-Kabupaten Mura untuk diaplikasikan.

Pasalnya menurut Dodi, banyak sekali manfaat yang didapatkan masyarakat maupun pemerintah desa, jika website desa dikelola secara baik dan profesional. Ia menyebutkan, beberapa manfaat website desa itu, adalah sebagai sarana pelaporan yang berbasis online mengenai proses dan hasil pembangunan di desa.

“Kemudian, sarana komunikasi dan informasi kepada masyarakat, sumber data dan informasi lengkap tentang desa, media penyimpanan data penting tentang desa, dapat menjadi pedoman dalam perencanaan pembangunan desa serta sebagai bentuk pengawasan penyelenggaraan pemerintah di desa,” sebut Dodi, saat diwawancarai wartawan, Rabu (22/12/2021) di kediamannya.

Selain itu, lanjut dia, website desa juga dapat membantu mempercepat pembangunan desa maupun kelurahan, sekaligus memperkenalkan profil desa di masing-masing desa kepada seluruh masyarakat, pengolahan administrasi, hingga pengelolaan pengaduan masyarakat demi kemajuan dan perkembangan desa.

“Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kita harus tanggap dan cepat dalam merespon setiap perubahan yang ada. Desa memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong penduduknya untuk berinovasi, baik dalam sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan mengenai lingkungan,” jelasnya.

Hadirnya teknologi seperti website desa, sambung dia, dapat mempermudah kehidupan dan segala aktivitas masyarakat desa dengan lebih efisien. Membuat website desa ialah salah satu cara untuk mengikuti perkembangan zaman dan dapat dimanfaatkan oleh pemerintah desa dalam upaya untuk memperkenalkan desa kepada masyarakat luas.

“Bahkan, di website tersebut, bisa juga memperkenalkan tentang budaya, keunikan desa, ciri khas, kebiasaan yang dilakukan, dan juga membagikan informasi layanan ke publik dan juga masyarakat desa melalui internet,” paparnya.(Rls/Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top