Connect with us

Tugumulyo Endemis DBD

Musirawas

Tugumulyo Endemis DBD

MUSI RAWAS LK– Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas (Mura) mencatat untuk jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini mencapai 63 kasus. Dimana, dari jumlah tersebut terbanyak di Kecamatan Tugumulyo.

Kepala Dinkes Kabupaten Mura, Hj Mipta Hulumi melalui Kepala Bidang (Kabid) Edward Zuliyar, mengatakan berdasarkan catatan pihaknya kurun waktu delapan bulan terakhir mencapai 63 kasus.

“Memang untuk trend penyakit DBD kini harus diwaspadai,”jelas Edward.

Menurut ia, dari 63 kasus DBD tersebut paling banyakbl terjadi di Tugumulyo. Dimana, Kecamatan ini memang menjadi Kecamatan endemis DBD dan terjadi berulang-ulang terutama di Desa F Trikoyo yang kini ada empat kasus DBD.

Mengenai penyebab banyaknya kasus DBD di Tugumulyo sendiri. Maka dirinya mengakui disamping padat penduduk dan banyak ditemukan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypty seperti jentik nyamuk, ban bekas dan kolam tampungan air yang dibuat oleh masyarakat.

Hanya saja, pihaknya sudah berupaya dengan melakukan fogging. Namun, upaya ini tidak efektif tanpa didukung kesadaran masyarakat untuk memusnahkan populasi nyamuk rendah.

Terlepas dari itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat untuk ikut serta melakukan pencegahan. Karena fogging hanya membunuh nyamuk yang sudah terinfeksi. Namun, kalau nyamuk aedes aegypty masih ada percuma karena dalam satu minggu timbul lagi nyamuk yang infeksi.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top