Connect with us

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Bagian Hukum Adakan Lomba‎

Musirawas

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Bagian Hukum Adakan Lomba‎

MUSI RAWAS LK-Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura), melalui Bagian Hukum melaksanakan Lomba Kadarkum Tingkat Kabupaten Mura Tahun 2018 di Gedung BLK, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (4/12/2018).

Dimana lomba ini mengusung tema, “Melalui Lomba Kadarkum Kita Tingkatkan Pemahaman Hukum Bagi Masyarakat, Demi Terwujudnya Kesadaran Hukum Masyarakat Di Kabupaten Mura”.

Dalam kesempatan itu, dihadiri langsung Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti, Kabag Hukum, Abdul Latif beserta lomba Kadarkum dari 14 kecamatan di Kabupaten Mura.

Hj Suwarti mengatakan bahwa, lomba ini diadakan lantaran agar masyarakat Kabupaten Mura sadar akan hukum, maka dari itu setiap lomba ini masyarakat setiap perwakilan didesa, kelurahan disatu kecamatan mengikuti lomba.

“Bukannya, masyarakat tidak sadar hukum, masyarakat sadar akan hukum, hanya saja agar lebih mengingatkan mereka bahwa negara kita ini adalah negara hukum,” kata Suwarti, Selasa (4/12/2018).

Wabup menjelaskan, setelah peserta mengikuti lomba ini bisa memberikan ilmu serta pengetahuan kepada masyarakat tentang hukum tentunya mencegah ‎perbuatan tindak kriminalitas.

“Diharapkan, kepada peserta lomba untuk memberikan informasi pengetahuan tentang hukum,” ucap Ketua IBI Kabupaten Mura.

Senanda disampaikan, Kabag Hukum, Abdul Latif mengatakan bahwa lomba kadarkum ini merupakan hasil dari melakukan kunjungan kekecamatan mengenai permasalahan hukum.

Dimana dari 14 kecamatan di Kabupaten Mura, setiap kecamatan didampingi pembimbing yang mempunyai lantar belakang paham akan hukum.

“Dari hasil kunjungan kekecamatan, maka diadakanla lomba kadarkum ini,” kata Abdul Latif.

Abdul Latif memaparkan, adapun teknis lomba ini dimana para peserta menjawab pertanyaan dari panitia yang terdiri dari Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Polres Musi Rawas dan lain-lain.

“Sedangkan untuk peserta lomba, terdiri dari perangkat desa, mahasiswa dan bahkan kades juga ikut serta dalam lomba ini,” jelas Kabag Hukum.

Disinggung diadakan lomba ini, apakah masyarakat Kabupaten Mura masih banyak yang melanggar hukum?

“Memang masih ada masyarakat terlibat hukum, namun tidak begitu menonjol, oleh sebab itu diadakan lomba ini untuk meningkatkan masyarakat agar sadar dengan hukum,” tutupnya.‎

Sementara itu, Kades Yudakarya, Muharor saat dimintai keterangan, dirinya menyambut baik adanya lomba kadarkum ini.

“Setidaknya bisa mengingatkan warga Yudakarya, bahwa negara kita ini negara hukum, serta nantinya bisa menimbulkan kesadaran masyarakat agar mentaati hukum, maka dari itula saya ikut langsung menjadi peserta lomba ini,” tutup Muharor.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top