Connect with us

Tim Gabungan Polres Mura, BPBD dan Sat Pol PP dan Damkar Padamkan Kebakaran Lahan

PADAMKAN : Kapolres Mura, AKBP Efrannedy didampingi Kasat Sabhara, AKP Hendra dan Plt Kepala BPBD Kabupaten Mura, Darsan didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik, Eko Setiawan berfoto bersama usai kerjasama padamkan api di lahan Bundaran Agropolitan Center, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), menjadi korban pembakaran oknum, sekitar pukul 15.40 WIB, Senin (31/8/2020).

Musirawas

Tim Gabungan Polres Mura, BPBD dan Sat Pol PP dan Damkar Padamkan Kebakaran Lahan

*Kapolres Mura Pimpin Langsung Padamkan Api

MUSI RAWAS LK-Masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab yakni melakukan pembakaran lahan.

Kali ini lahan kosong tepatnya di Bundaran Agropolitan Center, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), menjadi korban pembakaran oknum, sekitar pukul 15.40 WIB, Senin (31/8/2020).

Untungnya tim gabungan, Polres Mura, BPBD Kabupaten Mura serta Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Mura, bergerak cepat sehingga api tersebut dengan cepat berhasil dipadamkan.

Kapolres Mura, AKBP Efrannedy didampingi Kasat Sabhara, AKP Hendra saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran lahan tersebut, hanya saja api sudah bisa dipadamkan.

“Memang benar, ada kebakaran lahan, tetapi api sudah bisa dipadamkan, berkat kerjasama antara Polres Mura, BPBD Kabupaten Mura serta Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Mura,” kata Efrannedy didampingi Hendra.

Kapolres menjelaskan, tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini memasuki musim kemarau yang rentan terjadinya karhutla.

Maka dari itu kiranya untuk berhati-hati saat menyalakan api, serta melakukan aktifitas yang memancing terjadinya kebakaran.

“Karena jelas apabila disengaja akan ada sanksi pidana yang akan diterapkan apabila tidak mentaati aturan yang diberikan,” jelas kapolres.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Mura, Darsan didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik, Eko Setiawan mengatakan bahwa kejadian kebakaran lahan tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan api dipadamkan sekitar pukul 15.40 WIB.

“Dimana lahan yang terbakar jenis tipe lahan mineral, tipe kebakaran yakni permukaan berupa lah semak belukar dan ilalang,” kata Eko sapaanya.

Eko menjelaskan, dimana armada yang diturunkan untuk memadamkan api diantaranya, satu unit Mobil AWC Polres Mura, satu unit Mobil Rescue beserta Mesin Pompa Jinjing, satu unit Mobil Pemadam Kebakaran.

“Diperkirakan, luas lahan yang terbakar 0,25 Ha dan lahan yang dipadamkan 0,25 Ha, pemilik Lahan yakni milik Pemkab Musi Rawas,” jelas Eko.

Eko menghimbau kepada warga untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan, jangan membuka lahan dengan cara dibakar serta apabila ada terjadi kebakaran segera untuk melapor sehingga bisa diantisifasi.

“Setidaknya apabila hal tersebut dilakukan bisa mencegah terjadinya kebakaran,” tutup Eko.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top