Connect with us

Terkait Sistem E-Voting, DPMD Mura Jadi Contoh Kabupaten Daerah Tetangga

Musirawas

Terkait Sistem E-Voting, DPMD Mura Jadi Contoh Kabupaten Daerah Tetangga

MUSI RAWAS LK-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Mura menerima kunjungan kerja Tim Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (22/10/2020).

Ketua Tim III DPRD Kabupaten Sijunjung April Maisal menyampaikan, kunjungan kerja nya di DPMD Kabupaten Mura, bahwa kami dari Tim III DPRD Sijunjung, melaksanakan Study Tiru terkait sistem pemilihan kepala desa melalui e-voting.

“Tadi kita juga sudah mendapatkan penjelasan dari Kabidnya bagaimana sistem kerjanya e-voting dan setelah dijelaskannya ternyata sangat menghemat biaya. Juga tadi diajarkan bagaimana penggunaannya dari e-Voting ini,” kata April sapaanya.

Lanjut April setelah mendapatkan penjelasan dan caranya sistem kerjanya, ya kita akan menerapkannya, dan kita ada 61 Nagari 1 Desa.

“Dan kita mendapatkan informasi ini dari media Internet, ternyata Kabupaten Musi Rawas sukses menjalankan sistem pemilihan Kades secara e-Voting. Ini baru pertemuan pertama nanti ada kelanjutannya pertemuan selanjutnya, ucap Ketua Tim,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain mengatakan benar pada hari ini kita mendapat kunjungan kerja dari Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat.

Tujuan rombongan tersebut Study banding tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa secara e-Voting. Yang mempertanyakan bagaimana cara kerja dengan sistem e-Voting, biaya dan cara penggunaan alat tersebut.

“Mereka juga bertanya apakah alat ini bisa dicurangi atau tidak dan setelah kita jelaskan akhirnya mereka tertarik untuk menerapkan Pemilihan kepala desa ini dengan sistem e-Voting. Ketertarikannya untuk menggunakan sistem e-Voting ini dikarenakan kita sudah mendapatkan Piagam Penghargaan BPNPT. Maka dari itu mereka termotivasi untuk datang ke Kabupaten Mura,” kata Ahmadi Zulkarnain.

Ahmadi menjelaskan, nantinya jika pihak dari Pemkab Sijunjung meminta kita untuk membantu cara kerja dari e-Voting ini, maka siap membantu, akan tetapi jika mereka ingin belajar langsung ke BPNPT ya lebih bagus lagi kita tidak perlu datang kesana.

“Kita disini sangat bangga, karena Kabupaten Mura, sudah beberapa Kabupaten yang berkunjung ke PMD diantaranya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muara Bungo, dan Kabupaten Damas Raya. Tujuan mereka Kungker kesini juga sama mempertanyakan sistem kerja dari e-Voting ini,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top