Connect with us

Terindikasi Virus Tetelo Ratusan Unggas Mati Mendadak ‎

Musirawas

Terindikasi Virus Tetelo Ratusan Unggas Mati Mendadak ‎

MUSI RAWAS LK-Akibat musim Pancaroba diwilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura), membuat hewan ternak terutama ungas terkena virus tetelo.

Hal tersebut dibenarkan, Plt Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Kabupaten Mura, Tohirin melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Marzuki saat dimintai keterangan awak media diruangan kerjanya, sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (12/2/2019).

“Memang akibat musim pancaroba saat ini, banyak ungas yang terkena virus tetelo seperti ayam kampung dan bebek,” kata Marzuki.

Marzuki menjelaskan, namun yang lebih banyak dan rentan terkena virus tetelo yakni ayam kampung, bukannya bebek tidak terkena virus hanya saja sedikit dibandingkan ayam kampung.

“Dilihat dari hasil laporan dan pemantaun dilokasi ada ratusan ayam kampung mati akibat terkena virus tetelo,” jelas Marzuki.

Lebih lanjut, Marzuki menjelaskan, adapun gejala-gejalan ungas yang terkena virus tetelo yakni tortikoles (berputar-putar), keluar kotoran berwarna hijau dan biasanya paling lama satu minggu ungas bertahan hidup serta yang lebih parah bisa menular terhadap ungas lainnya.

“Jadi virus ini bisa menular dengan ungas lain, makanya apabila ada ayam sakit dan mati akan menular dengan ayam lainnya,” jelas pria berseragam kuning ini.

Kembali, Marzuki menjelaskan, virus ini muncul karena musim pancaroba, khususnya musim penghujan, serta ungas tersebut kontak langsung dengan angin dan air.

Hasil dari pengamatan serta peninjaun di 14 kecamatan di Kabupaten Mura, kebanyakan ungas yang terkena virus tetelo di Kecamatan Tugumulyo dan Megang Sakti, karena dilihat dari populasi ungas baik ayam kampung maupun bebek.

“Namun kami tetap melakukan vaksinasi terhadap ungas yang terkena virus tetelo, disela memberikan vaksin, kami juga memberikan penyuluhan kepada warga,” tutup Marzuki.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top