Connect with us

Tekan Pertumbuhan Penduduk Dimasa Pandemi, DPPKB Mura Bagikan Pil KB dan Kondom Gratis

Musirawas

Tekan Pertumbuhan Penduduk Dimasa Pandemi, DPPKB Mura Bagikan Pil KB dan Kondom Gratis

MUSI RAWAS LK– Selama pandemi Covid-19, alat kontrasepsi (Alkon) paling diminati masyarakat Kabupaten Musi Rawas (Mura) adalah jenis pil dan kondom. Karena dianggap praktis dan mudah didapatkan, karena ada diseluruh fasilitas kesehatan (Faskes)

“Kalau paling diminati masyarakat selama pandemi ini alkon jenis pil dan juga kondom,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Mura, Supardiyono melalui Kabid Keluarga Berencana (KB), Irwansyah.

Dikatakannya, disamping praktis masyarakat lebih diarahkan untuk menggunakan dua jenis alkon tersebut. Tentunya untuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan menggurangi mobilitas masyarakat.

“Karena kalu mau pelayanan di Puskesmas, protokol kesehatannya (Prokes) harus ketat. Kalau Pil dan Kondom mudah didapat, bisa di Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD), Bidan Desa atau menghubungi PLKB, karena dia yang berkoordinasi mendapatkan alkon di Puskesmas,”bebernya.

Selain itu, untuk pengambilan alkon baik Pil maupun Kondom, setiap masyarakat dibatasi. Hanya saja, untuk alkon jenis Pil harus diminum setiap hari agar efektif mengatur jarak kehamilan.

“Kalau teratur efektif, kalau telat-telat itu bisa bahaya. Sedangkan efek samping bisa menyebabkan darah tinggi, bercak-bercak, rontok dan memperparah parises. Sesuai dengan kondisi badan masing-masing. Kalau kondom tidak ada efek sampingnya,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, ia memastikan untuk stok alkon Pil dan Kondom aman hingga akhir tahun. Sehingga, dihimbau kepada fasilitas kesehatan untuk memastikan alkon tetap aman dan terjaga, jangan sampai terjadi kekosongan.

Sebab, penggunaan alkon bertujuan untuk menekan pertumbuhan penduduk dengan 4T yakni terlalu banyak anak atau lebih dari dua anak, kemudian terlalu rapat atau jarak anak dibawah dua tahun, terlalu muda atau menikah dibawah usia 20 tahun dan terakhir, terlalu tua atau hamil diatas 35 tahun.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top