Connect with us

Targetkan Satu Desa Satu Pojok Baca

Musirawas

Targetkan Satu Desa Satu Pojok Baca

MUSI RAWAS LK– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Kabupaten Musi Rawas (Mura), ditahun 2019 ini mentargetkan dalam satu desa harus memiliki satu pojok baca.
Ini dilakukan tidak lain untuk m‎eningkatkan minat baca masyarakat diseluruh desa di Kabupaten Mura.
Kepala DPK Mura Supriyadi, melalui Kasubag Perencanaan, Keuangan dan Aset Yohanita mengatakan, hal itu juga sesuai dengan program kerja Bunda Baca Kabupaten dr Hj Noviar Marlina Gunawan.

“Jadi tahun ini dari 186 desa dan 13 keluarahan yang tersebar di 14 kecamatan, harus memiliki pojok baca dimasing-masing desa dan keluarahan. Hal ini guna meningkatkan minat baca masyarakat,” kata Yohanita, Senin (28/1/2019).

Yohan sapaanya menjelaskan, terhususnya bagi desa yang belum memiliki perpustakaan desa (Perpusdes). Hal ini juga sebagai jalan tengah, sehingga bisa memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk membaca.
“Kalau desa atau kelurahan yang belum memiliki perpustakaan desa, namun paling tidak memiliki pojok baca ini,” jelasnya.
Lebih lanjut, Yohan menjelaska,  pojok baca tidak harus memili rak maupun jumlah buku yang baca. Namun pojok baca melainkan tempat yang nyaman dan dapat diisi dengan koran, majalah maupun lainnya disamping buku.
‎”Tidak harus ada rak dan buku. Melainkan bisa juga koran atau majalan yang diletakkan di setiap sudut dimanapun itu. Seperti bisa pos ronda, kantor desa atau sudut rumah. Intinya dapat diakses seluruh masyarakat,” ucap wanita ini.
Kembali ia menjelaskan, adapun tujuan dari satu desa satu pojok baca tidak lain guna meningkatkan kegemaran masyarakat dan meningkatkan pengetahuan, sehingga masyrakat bisa memiliki wawasan yang luas. Termasuk menumbuhkan inspirasi orang tua dan anak-anak untuk berbagai kegiatan yang merakyat.
“Dari alat media bacaan ini, diharapkan anak-anak dan masyarakat ini memiliki inovasi baru. Selain itu diharapkan dengan adanya pojok baca ini semua masyrakat di Mura membaca dan belajar,” harapnya.(Roem Royen)

 

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top