Connect with us

Tahun 2019, DD Mura Tembus Rp191 Miliar

Musirawas

Tahun 2019, DD Mura Tembus Rp191 Miliar

MUSI RAWAS LK– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memastikan tahun depan besaran Dana Desa (DD) mengalami kenaikan. Dimana, penggunaan dana tersebut masih diprioritaskan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
Kepala DPMD Kabupaten Mura, H Mefta Jhoni melalui Kabid Fasilitasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa, Alexander Zulkarnain mengatakan, untuk saat ini pihaknya masih menunggu laporan penggunaan DD khususnya ditahap ketiga hingga 31 Desember mendatang.
“Untuk saat ini belum ada satupun Desa yang melaporkan penggunaan DD tahap ketiga. Karena memang batas waktu penggunaan hingga akhir bulan ini,”jelas Alexander Zulkarnain.
Alex sapaanya menjelaskan, kendati laporan realisasi penggunaan masih menyisakan waktu. Akan tetapi, pihaknya meminta agar proses laporan bertahap mulai disusun termasuk bilamana terjadinya silva.
“Untuk silpa ada dua yakni silpa sisa anggaran dan silpa dana yang tidak dibelanjakan. Namun, kendati begitu dana tersebut masih bisa diajukan kembali dalam APBDes tahun berikutnya,”jelasnya.
Hanya saja, bilamana silpa lebih dari 30 persen maka Desa tersebut akan diberikan sanksi yakni berupa pemotongan dana sesuai jumlah silpa dari besaran DD sesuai dengan PMK Nomor 50 tahun 2017 tentang dana transper ke daerah.
“Untuk pemotongan nantinya ketika pencairan ditahap kedua. Sebab, kalau pencairan tahap pertama cukup menyertakan Perbup dan APBDes saja. Namun, kalau untuk tahap harus menyampaikan laporan realisasi penggunaan tahap sebelumnya,”ucapnya.
Mengenai untuk ketetapan DD secara umum bagi daerah Mura tahun 2019 mendatang. Maka dirinya mengakui terjadi kenaikan yakni sebesar Rp191.128.612 dari sebelumnya Rp166.798.219.
“Bilamana secara umum naik maka untuk ditingkat Desa juga akan mengalami kenaikan yakni minimal Rp800 juta dan maksimal Rp1,4 miliar satu tahunnya,”tutupnya.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top