Connect with us

Tahap Pertama, 314 Nakes Bakal di Vaksin

Musirawas

Tahap Pertama, 314 Nakes Bakal di Vaksin

MUSI RAWAS LK– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memperkirakan setidaknya 314 tenaga kesehatan (Nakes) dari sasaran 2.309 Nakes sebagai penerima vaksin tahap pertama, tidak bisa disuntik vaksin.

Hal itu, dikarenakan 314 Nakes tersebut memiliki faktor resiko dan pernah terpapar Covid-19.

Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Mura, H Ristanto Wahyudi melalui Sekretaris, M Nizar dalam rapat teknis persiapan pelaksanaan Vlvaksinasi Covid-19 Kabupaten Mura pada 1 Febuari 2021 mendatang, di Ruang Rapat Bina Praja Setda Mura, Selasa (26/1/2021).

Dikatakannya, persiapan vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan dengan diawali pelatihan petugas vaksinator masing Puskesmas 5 orang dan Rumah Sakit 10 orang. Pelatihan selama tiga hari. Kemudian membuat alur pelayanan di media masa.

“Kalau untuk logistik, Dinkes sudah memiliki dua Cold Cent dengan kapasitas penyimpanan 4.000 dosis. Begitu juha di Puskesmas sudah ada. Pelayanan diklinik tidak bisa vaksinasi,” kata M Nizar, kepada peserta rapat.

Untuk pelaksanaan kegiatan vaksinasi lanjut ia, akan diberikan kepada 10 pejabat publik mulai dari Bupati, Sekda dan unsur Forkompinda lainnya. Hanya saja, sebagai antisipasi 15 orang akan dilakukan screning pra vaksin, baru kemudian hasilnya 10 pejabat ditetapkan melalui SK, baru kemudian dikirim ke pusat.

“Kami sudah ajukan surat permohonan kepada Forkompinda untuk kesediannya di suntik vaksin. Hanya saja untuk tahap pertama kepada nakes sebanyak 2.309 orang, diperkirakan ada 314 nakes yang mempunyai faktor resiko yang tidak bisa disuntik divaksin,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Mura Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Heriyanto mengatakan, sesuai yang diminta oleh pemerintah pusat, bahwa pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Mura harus dilaksanakan 1 Febuari yang diberikan kepada pemangku kepentingan dan pejabat di daerah, baik di Kabupaten maupun Kecamatan.

“Kita bahas untuk teknis pelaksanaan vaksinasi, mulai dari persiapan unit pelayanan hingga alur pelaksanaannya. Sebelum pelaksanaan vaksinasi secara serentak, juga akan membentuk tim untuk turun langsung mengecek persiapan pelaksanaan vaksin,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top