Connect with us

Siaga Bencana, Personel BPBD Mura Digembleng Brimob‎

Musirawas

Siaga Bencana, Personel BPBD Mura Digembleng Brimob‎

MUSI RAWAS LK-Dalam meningkatkan kapasitas profesional anggota untuk menghadapi berbagai macam bencana di Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Sebanyak 33 anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Mura melaksanakan latihan Tim Reaksi Cepat (TRC), dihalaman depan kantor Eks Bupati Mura, Selasa (4/12/2018).

Kepala Pelaksana (Kalak), BPBD Kabupaten Mura, Paisol membenarkan adanya pelatihan TRC yang dilakukan anggotanya.

“Memang benar, ada pelatihan TRC. Pelatihan ini dilakukan selama tiga hari kedepan,” kata Paisol, Selasa (4/12/2018).

Paisol menjelaskan, latihan ini tidak lain dilakukan, agar anggota BPBD dalam menangani bencana di Kabupaten Mura, dengan cepat dan tanggap. ‎Baik banjir, tanah longsor, puting beliung dan lainnya sesuai foksinya.

“Selain itu, dilakukannya pelatihan ini untuk meningkatkan sikap disiplin, respon jiwa kebersamaan serta menguasai peralatan dalam menangani bencana serta evakuasi korban,” jelas Paisol.

Lebih lanjut, Paisol menjelaskan, pelatihan ini melibatkan Danpom dan Brimob. Pelatihan ini meliputi pelatihan teori kemudian dilanjutkan praktek.

Rencananya praktek, akan dilakukan “Water Rescue” diperairan di Danau Aur, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Mura.

“Sebenarnya, semua personil mempunyai keterampilan, ‎namun belum maksimal dan profesional. Sehingga dengan pelatihan ini diharapkan TRC ini dapat meningkatkan keprofesionalan dalam membantu masyarakat yang terkena musibah bencana,” kata pria ini.

Senada disampaikan, Brigpol Nico Saragi personel Plopor Detasemen B Plopor Lubuklinggau Satbrimob Sumsel mengatakan bahwa, dirinya disini diperbantukan ke BPBD dalam rangka penindakan disiplin dan pelatihan terhadap personel BPBD.

“Tentunya, bisa menumbuhkan rasa kepedulian antara sesama personel ada rasa peduli kepada masyarakat serta saling tolong menolong, serta pelatihan ini menguatkan fisik personel,” tutup Nico Saragi.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top