Connect with us

Sampaikan Informasi Hingga Kepelosok, Diskominfo Statistik Akan Bentuk PPID Tingkat Kecamatan

Musirawas

Sampaikan Informasi Hingga Kepelosok, Diskominfo Statistik Akan Bentuk PPID Tingkat Kecamatan

MUSI RAWAS LK-Guna untuk menyampaikan penyusunan daftar informasi diwilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Dinas Komunikasi Informasi Statistik, Kabupaten Mura, (Diskominfo Statistik), menggelar Sosialisasi dan Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP), di Dewinda Hotel, Kamis (30/9/2021).

Salah satu wujud penyampaian informasi keseluruhan Kabupaten Mura, Diskominfo Statistik akan bentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), tingkat kecamatan, kelurahan hingga desa.

Dalam kesempatan itu, Asisten II Setda Mura, H Aidil Rusman mengatakan bahwa hari ini, Diskominfo Statistik mengelar Sosialisasi dan Penyusunan DIP, dan tentunya kegiatan ini banyak hal yang positif khususnya dalam bidang informasi.

“Oleh sebab itu, mewakili Pemerintah Kabupaten Mura, sangat mendukung kegiatan ini, setidaknya masyarakat bisa menerima informasi,” kata H Aidil Rusman.

H Aidil Rusman menjelaskan, kepada peserta kiranya untuk mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga bisa menerapkan di dinas dan di kecamatan hingga kepelosok desa di Kabupaten Mura.

Akan lebih baik, jika yang ikut serta dalam sosialisasi ini kades dan pemerintah desa, sehingga informasi sampai kepelosok desa ditambah lagi mempunyai anggaran.

“Selain itu, juga bisa menyampaikan informasi mana baik untuk untuk diinformasikan dan mana yang tidak harus diinformasikan kepada publik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Aidil menjelaskan, kedepannya kepada Diskominfo dan Pemerintah Kecamatan untuk segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), setidaknya dengan dibentuk PPID ini, akan lebih mudah untuk menyampaikan informasi.

“Dan, mengenai kendala jaringan, itu hanya teknik saja, bisa disampaikan lewat media sosial dan media elektronik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo dan Statistik, Bambang Hermanto mengatakan bahwa sosialisasi ini digelar dengan tujuan untuk agar para peserta meliputi OPD tingkat kabupaten dan kecamatan bisa menyampaikan penyusunan daftar informasi diwilayah Kabupaten Mura.

“Sehingga, masyarakat mengetahu secara gamblang mengenai informasi,” kata Bambang sapaanya.

Bambang menjelaskan, untuk menunjang penyampain informasi, tentunya akan memanfaatkan PPID, dan sejauh ini mengenai PPID khusus dilingkungan kabupaten meliputi OPD.

“Hanya saja untuk tingkat kecamatan, kelurahan dan pedesaan memang belum dibentuk PPID, oleh sebab itu akan segera membentuk PPID tingkat kecamatan, kelurahan dan pedesaan, diperkirakan dan ditargetkan pada tahun depan,” jelas Bambang.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, oleh sebab Itu kepada peserta sosialisasi kiranya untuk mengikuti kegiatan dengan baik, dan nantinya bisa diterapkan dilingkungan masing-masing dalam penyampaian informasi.

“Artinya, kita harus sama-sama mengerti, sehingga tidak muncul kesalah pahaman, khususnya dalam penyampaian informasi,” tutupnya.

Sosialisasi ini dihadiri, Asisten II Setda Mura, H Aidil Rusman, Kepala Diskominfo Statistik, Bambang Hermanto, dan dua narasumber, Ketua Komisi Informasi Publik Sumsel, A.Kori Kunci dan Kasi Pelayanan Media Informasi Publik Diskominfo Sumsel, Azim Badilla.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top