Connect with us

Realisasi PAD IMB, Capai 100 Persen

Musirawas

Realisasi PAD IMB, Capai 100 Persen

MUSI RAWAS LK– Terhitung sampai Desember 2018, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) bersumber penarikan restribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pencapaian100 Persen. 

Pernyataan itu disampaikan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Satu Pintu (DPMPSP) Mura, Yudi Fachriansyah ketika dibincangi menghadiri rapat staf, berlangsung di Kantor Bupati Muara Beliti, ‎Senin (10/12/2018).‎

Dikatanya, dari semua menjadi fokus utama program kerja tahun 2018. Pihaknya sebagai leading sektor pelayanan perizinan.

Tentunya, semua berkenaan dengan pencapaian realisasi PAD yakni penggutan IMB tidaklah ada tekendala. Bahkan, bisa dipastikan realisasinya hingga batas akhir tahun telah terpenuhi sesuai target.

“Dari beberapa tugas perizinan, apalagi berkenaan PAD. Semua yang kita andalkan tidak lain, pungutan dari pada IMB. Semua hingga Desember akhir tahun 2018, realisasinya tuntas 100 persen sesuai target dicanangkan, “jelasnya.

Lebih jauh, Yudi sapaan akrabnya menyebutkan bahwa dari semua berkaitan realisasi punggutan IMB. Hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hanya saja, khusus ditahun 2018 ini. Pihaknya dengan telah lebih dulu menetapkan target yakni Rp. 300 juta. Semua dengan berupaya mengali potensi. Berjalanya tiga bulan, pihaknya mengambil kebijakan menaikan target menjadi Rp.850 juta dan semua hasilnya tidaklah sia-sia.

“Kalau berbicara langkah dan upaya dalam mencapai realisasi PAD berasal dari IMB. Semulanya, kita memasang target Rp. 300 juta. Namun, sejak triwulan pertama kita memiliki peluang. Maka, mencoba menaikan target ke angka Rp. 850 juta. Ya, sampai dengan awal Desember semuanya bisa terpenuhi. Bahkan, tak tanggung-tangung tecapai 100 persen,”bebernya.

Sementara berbicara adanya peluang, menaikan target IMB. Dijelaskan Yudi, salah satu mendorong meningkatnya realisasi PAD. Tidak lain, semua didominasi potensi memaksimalkan pengutan IMB keberadaan gedung maupu kantor masing-masing perusahan swata beroperasi wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura).

“Salah satu, mampu tuntanya 100 perseni realiasi IMB terpenuhi. Semuanya tidak lain karena di dominasi meningkatnya, dukungan IMB perusahaan. ‎Dimana, seluruhnya kita Mura sudah ada sebanyak 30 Perusahan swasat perkebunan, maupun perusahan swasta lain beroperasi diwilayah kabupaten,”tandasnya.

Disinggung mengenai target realisasi IMB tahub 2019 mendatang. Dijelaskan Mantan Camat Selangit, bahwa berbicara target kedepan terhadap pencapaian realisasi PAD berkenaan dengan pungutan retribusi IMB.

Dirinya memastikan, pemerintah kabupaten akan tetap sama memasang target yakni Rp 820 juta.

“Kalau menyangkut target realsiasi IMB tahun 2019 nanti. Kita pastikan, tentunya akan meningkatkan. Jadi jika, tahun 2018 itu menyentuh angka Rp. 850 juta. Paling tidak ditahun 2019, kita pasang target realisasi Rp. 820 juta. Dan yakin kita bisa mengejarnya,”tutupnya.(Roem Royen)‎

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top