Connect with us

Realisasi BLT DD Juli-September Masih Menunggu

Musirawas

Realisasi BLT DD Juli-September Masih Menunggu

MUSI RAWAS LK– Setelah penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di bulan April, Mei dan Juni telah selesai dikucurkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kini bantuan tersebut akan kembali disalurkan tiga bulan lagi yakni Juli, Agustus dan September.

Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ahmadi Zulkarnain melalui Kepala Bidang (Kabid) Fasilitasi Keuangan Desa, Andriyanto Aditama saat dimintai keterangan.

Dijelaskannya, bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengubah beberapa ketentuan dalam penyaluran bantuan sosial (Bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Dimana, dari ketentuan tersebut penyaluran BLT-DD diperpanjang hingga tiga bulan kedepan yang sebelumnya untuk bulan April, Mei dan Juni. Namun, kini diperpanjang Juli, Agustus dan September.

Dikatakannya, bahwa pihaknya menerima edaran Peraturan Menteri Keuangan (PMK) mengenai adanya penambahan waktu dan besaran nilai manfaat BLT-DD yang diberikan.

“Iya, Sesuai keputusan Kemenkeu, BLT-DD semula 3 bulan, yakni April, Mei Juni, ditambah 3 bulan selanjutnya yakni Juli, Agustus, September,”jelasnya.

Menurut ia, perpanjangan BLT ini menggunakan anggaran DD yang tersisa yakni tahap tiga. Akan tetapi, besaran nilainya tidak sama dengan BLT dibulan pertama, kedua dan ketiga. Dimana,jika pada periode 3 bulan pertama penerima bantuan menerima dana sebesar Rp600 ribu per bulan setiap penerima. Maka di 3 bulan kedua dana yang diterima hanya sebesar Rp300 ribu per bulan.

Kemudian, untuk penyalurannya sendiri dilakukan secara tunai atau langsung. Namun, untuk realisasinya menunggu APBDES perubahan yang saat ini tengah disusun. Sedangkan, untuk KPM nya silahkan Pemdes melakukan musyawarah desa khusus (Musdesus).

Terlepas dari itu, syarat penerima bantuan ini tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan sosial yang lain sesuai dengan aturan yang ada yakni tidak sebagai penerima PKH, BST, BPNPT maupun bansos lain yang bersumber dari anggaran Pusat.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top