Connect with us

PWI Mura Lakukan Rapid Tes Terhadap Anggotanya

Musirawas

PWI Mura Lakukan Rapid Tes Terhadap Anggotanya

MUSI RAWAS LK– Guna mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas (Mura), melakukan rapid tes untuk anggotanya, di Labkesda Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura di Muara Beliti, Kamis (16/7/2020).

Rapid tes dilakukan secara bertahap dengan target sebanyak 50 wartawan yang bertugas di Kabupaten Mura. Sedangkan untuk tahap pertama dilakukan untuk lima wartawan yang semua hasilnya non reaktif.

Ketua PWI Kabupaten Mura, Noviansyah mengatakan, kegiatan rapid tes sendiri menindak lanjuti intruksi dari PWI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan tujuan untuk mencegah penularan Covid-19 pada profesi Pers.

“Hari ini, ada lima anggota PWI Mura yang dirapid tes. Ahlamdulillah semuanya hasilnya non reaktif. Ini baru tahap pertama sebanyak lima orang, karena target kita 50 orang,” kata Novi,Kamis (16/7/2020).

Dikatakannya, untuk selanjutnya bagi anggota PWI Kabupaten Mura yang ingin melakukan rapid tes, maka dipersilahkan dan berkoordinasi dengan Dinkes Mura. Menurutnya, repit tes bagi wartawan sangat penting, mengingat profesi ini merupakan profesi yang riskan tertular Covid-19.

“Apalagi kegiatan seorang wartawan yang turun langsung dan bertemu dengan masyarakat yang tidak kita ketahui apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak. Terlebih, saat ini di luar Kabupaten Mura banyak wartawan yang terpapar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Mura, Hj Mifta Hulmmi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Edwar Ziliyar menyampaikan apresiasi kepada PWI Kabupaten Mura yang sudah ikut serta mencegah Covid-19 dilingkungan Pers dengan melakukan rapid tes.

“Sebelumnya PWI Kabupaten Mura mendapat bantuan rapid tes dari Gubernur Sumsel sebanyak 50 repit tes, tahap pertama lima orang melakukan tes. Hasilnya semuanya negatif,” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan bagi seorang wartawan, karena pekerjaannya yang menuntut langsung bertatap muka dengan masyarakat luas.

“Setelah ini, kami Dinkes Mura akan menerbitkan surat keterangan bebas Covid-19 bagi yang negatif. Sedangkan nanti jika memang ada wartawan yang reaktif, kita tindak lanjuti dengan swab. Kalau positif langsung kita berikan tindakan,” tutupnya. (Rls/Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top