Connect with us

Proses Hibah RSUD Muara Beliti Belum Rampung‎

Musirawas

Proses Hibah RSUD Muara Beliti Belum Rampung‎

MUSI RAWAS LK– Di tahun 2019 mendatang proses hibah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Beliti yang berada di Kawasan Agropolitan Center (AC) Muara Beliti, Dari kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) ke Pemerintah Kabupaten Mura rampung. ‎

Hal tersebut dipastikan, Kepala ‎Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura),‎ Hj Mipta Hulummi, melalui Kasubag Perencanaan dan Evaluasi, Renaldi Oktavianus.

“Selesai proses hibah maka selanjutnya, RSUD Muara Beliti tersebut akan masuk dalam perencanaan untuk perbaikan dan perehaban bangunan yang ada. Sebab mengingat kondisi bangunan yang ada saat ini, dimana kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” kata Renaldi Oktavianus.

Renaldi sapaanya berharap, ‎kedepan RSUD tersebut akan menjadi rumah sakit yang represantif dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasikitas kesehatan yang berkualitas. Dimana perbaikan tersebut akan mengacu sesuai dengan standar rumah sakit nasional dan Permenkes nomor 75.

“Kalau hibah hanya bangunannya saja, karena untuk lahan memang milik Pemkab Mura. Dorongan adannya surat keputusan (SK) hibah Kemenkes, sehingga banggunan ini bisa dikelola oleh Pemkab Mura untuk pengembangannya,” jelas Renaldy.
Lebih lanjut, ia menjelaskan, mengingat untuk menjadikan RSUD Muara Beliti tersebut sebagai RSUD terbaik dengan memiliki fasilitas yang lengkap dan memenuhi standar nasional dan selayaknya rumah sakit pada umumnya. Maka perbaikan akan dilakukan secara bertahap.
“Tahun depan baru selesai proses hibahnya, artinya untuk rencana rehab bangunan RSUD Muara Beliti akan dilakukan di 2020 mendatang. Sebab untuk tahun 2019 ini, kita masih menyusun rencana dan teknisnya. Sehingga diharapkanbRSUD Muara Beliti akan menjadi rumah sakit yang layak untuk memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat,” imbuhnya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, mengingat perbaikan yang dipastikan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Maka pengajuan untuk rehab akan diusahakan bukan hanya dari APBD Kabupaten Mura, melainkan juga diusahakan melalui anggaran DAK dari pemerintah pusat.
“Kisaran anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan RSUD Muara Beliti hingga memenuhi standar nasional. Maka setidaknya kurang lebih Rp 2 Miliar yang dibutuhkan. Namun untuk pastinya kita masih menyusun teknisnya untuk kebutuhan pembangunannya,” tutupnya. (Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top