Connect with us

Populasi Ikan Sungai Mulai Berkurang

Musirawas

Populasi Ikan Sungai Mulai Berkurang

MUSI RAWAS LK– Dinas Perikanan (Disperikan) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mencatat untuk populasi ikan sungai mulai berkurang.

Dimana, kurangnya populasi ikan ini dikarenakan penangkapan dengan bahan dan barang berlebihan.

“Memang untuk saat ini populasi ikan sungai sudah mulai sulit ditemui seperti ikan belida, sema, jelawat dan tembakang,”jelas Kepala Disperikan Kabupaten Mura, Bambang Heriadi melalui Sekretaris, Ervan Malik.

Dikatakannya, berkurangnya populasi jenis ikan sungai ini disebabkan penangkapan secara berlebihan yakni menggunakan bahan pestisida dan kalau alat setrum dan mengakibatkan turun drastis.

Padahal, kalau untuk selama ini sungai Kelingi, Musi dan Rawas masih banyak.

“Hanya saja, untuk jenis ikan lain seperti baung, patin dan lainnya masih banyak. Bahkan, beberapa bulan yang lalu terjadi ikan mudik,” ucapnya.

Mengenai untuk pengawasan praktek ilegal fising sendiri. Maka diakui, kalau untuk pengawasan bekerjasama dengan Polsek dan Dirjen pengawasan Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Bahkan, kalau tertangkap bisa dibawa ke Polda. Sebab, untuk di Mura masih terjadi praktek mutas dan penyetruman kendati sudah diimbau melalui Polsek,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, kalau sanksi sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2010 tentang larangan menangkap ikan menggunakan bahan dan alat yang dilarang sanksinya pidana 6 bulan dan denda Rp5 juta serta Undang-Undang (UU) Perikanan pidana kurungan 2 tahun penjara dan denda Rp5 miliar. (Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top