Connect with us

Peringatan HKSN, Bupati Resmikan Kampung Sejahtera Mandiri

LEPASKAN : Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Mura, H Hermadi, Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa (Kades), Perbankan saat melepaskan balon keudara salah satu bentuk Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) sekaligus meresmikan kampung sejahtera mandiri, di Lapangan Sepakbola Desa Ngadirejo Kecamatan Tugumulyo, Rabu (4/12/2019).

Musirawas

Peringatan HKSN, Bupati Resmikan Kampung Sejahtera Mandiri

MUSI RAWAS LK-Dinas Sosial (Dinsos) menggelar acara Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), di Lapangan Sepakbola Desa Ngadirejo Kecamatan Tugumulyo, Rabu (4/12/2019).

Dimana, dalam moment tersebut pejabat nomor satu di bumi lan serasan sekentenan meresmikan kampung sejahtera mandiri.

Acara tersebut dihadiri Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Mura, H Hermadi, Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa (Kades), Perbankan serta masyarakat.

Pantauan dilapangan diawali dengan senam lansia, penyaluran bantuan secara simbolis, penyaluran bantuan secara simbolis, pemberian penghargaan, doorprize, pelepasan balon ke udara dan ditutup dengan ditutup dengan peninjauan stand.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Mura, Agus Susanto mengatakan, bahwa sesuai dengan temanya untuk ASN 2019 utamanya kesetiakawanan sosial menembus batas dari perbedaan atau kebhinekaan. Misalnya suku, ra, agama sampai batas-batas wilayah

“Kalau sudah menyangkut masalah sosial atau kemanusiaan itu tidak ada lagi kita harus gotong royong harus bisa kompak bekerja sama untuk ikut saling membantu khususnya masalah sosial,”jelas Agus kepada awak media.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, perlu kita perhatikan sekarang adalah ada yang sudah mulai cuek terkait masalah sosial akibat dari beberapa hal misalnya perkembangan teknologi

“Dengan momen kerjasama sosial ini ini kita bangkitkan lagi kepedulian sesama untuk saling memperhatikan satu sama lain,”terangnya.

Senada disampaikan, Camat Tugumulyo, Badrun didampingi Kepala Desa (Kades) Ngadirejo, Edi Suhendro menjelaskan pembentukan kampung sejahtera mandiri oleh lembaga koordinasi kesejahteraan sosial (LKKS) bersama Dinsos di Desa Ngadirejo.

Dimana, kampung sejahtera mandiri mampu menghasilkan produk yang berdaya saing, lembaga sosial yang aktif, tingkat partisipasi dan keswadayaan masyarakat tinggi dan masyarakat miskin terlibat aktif dalam rantai produksi ekonomi.

“Sebagai tindak lanjut terhadap pembentukan kampung sejahtera mandiri, Puskesos Desa Ngadirejo telah membentuk forum masyarakat peduli sesama (Formalima) yang melaksanakan tugas untuk penggalangan dana sosial dan menyalurkannya kepada masyarakat yang berhak menerima,”tutur Badrun.

Menurutnya, kedepan Desa sejahtera mandiri tidak hanya Desa Ngadirejo saja. Melainkan, Desa lainnya yang ada di Kecamatan Tugumulyo juga dikategorikan sebagai Desa sejahtera mandiri.

“Kami berharap dengan di lauchingnya Desa sejahtera mandiri ini maka kami berharap masyarakat yang kurang mampu agar bisa terbantu salah satunya pengentasan angka kemiskinan,”paparnya.

Sedangkan, Bupati Kabupaten Mura, mengapresiasi apa yang telah diperbuat oleh organisasi dan perorangan yang telah memberikan dukungan maupun motivasi terhadap masalah kesejahteraan sosial. Sehingga, dengan begitu Bupati banyak menerima penghargaan dan membuat daerah Mura membahana di persada nusantara.

“Kita lihat para penyandang disabilitas mampu bersaing dan berprestasi termasuk para pemuda karang taruna memberikan karya terbaik,”ucap Hendra.

Terlepas dari itu, melalui HKSN ini mari kita ingatkan kesetiakawaan agar bergotong royong ditengah keterbatasan maupun lainnya disamping menyempurnakan Mura darussalam agar selamat bahagia sejahtera dunia dan akihrat.

“Intinya moment ini hendaknya dijadikan semangat berbuat baik satu sama lain khususnya terkait masalah sosial,”tutupnya.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top