Connect with us

Penggunaan Akseptor Over Target, DPP-KB Terima Penghargaan

TUNJUK : Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Supardiono tunjukan piagam pengetahuan.

Musirawas

Penggunaan Akseptor Over Target, DPP-KB Terima Penghargaan

MUSI RAWAS LK-Antusias pasangan subur menggunakan akseptor sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan keluarga berencana ditengah pandemi Covid-19 mengalami peningkatan.

Bahkan, untuk penggunaannya di Bumi Lan Serasan Sekentenan mengalami over target dan tertinggi di 17 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Supardiono saat dimintai keterangan beberapa waktu lalu.

“Selama pandemi penggunaan akseptor baik pil KB dan kondom oleh pasangan subur cukup banyak. Dimana, hal ini terdata berdasarkan banyaknya permintaan ditingkat fasilitas kesehatan (Faskes) baik Polindes dan Puskesmas dalam penggunaan akseptor tersebut,” kata Supardiono.

Supardiono menjelaskan, saat ini penggunaan akseptor mencapai 5547 akseptor mulai dari Pil, Kondom, IUD, Implan dan lain sebagainya dari target 3582 akseptor.

Bahkan, dari capaian tersebut tertinggi dibandingkan Kabupaten dan Kota diwilayah Provinsi Sumsel.

“Sehingga, atas prestasi tersebut pihaknya menerima penghargaan dari Kepala BKKBN Pusat yakni Dr. hasto Wardoyo,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, hanya saja, untuk penggunaan akseptor idealnya harus berganti cara dan tidak harus pil atau suntik secara terus menerus melainkan harus diganti-ganti.

Karena, dikhawatirkan kalau tidak cocok maka bisa menimbulkan kegemukan, plek hitam diwajah dan menstruasi yang tidak teratur.

“Terlepas dari itu, penggunaan akseptor bagi pasangan subur diharapkan dapat menekan laju penduduk dan terbukti untuk laju pertumbuhan penduduk di Mura berdasarkan Susenas 2019 yang dikeluarkan BPS Mura masih rendah yakni 1,84 persen dengan tingkat kelahiran 2,13 persen,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top