Connect with us

Nekat Nambang Ilegal, Dipenjara 5 Tahun Denda Rp 100 Miliar

Musirawas

Nekat Nambang Ilegal, Dipenjara 5 Tahun Denda Rp 100 Miliar

*Cegah Penambang Ilegal, Polsek Muara Lakitan Pasang Spanduk Himbaun

MUSI RAWAS LK-Polres Mura melalui Polsek Muara Lakitan melaksanakan kegiatan pemasangan spanduk himbaun Stop dan Berhenti Penambangan Ilegal, Jumat (26/11/2021).

Diantaranya, lokasi yang dilakukan pemasangan spanduk himbaun dipinggir jalan simpang tiga PT BSL Lokasi Sumur Bor Minyak, disimpang Trans Subur serta didepan Mapolsek Muara Lakitan.

Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy didampingi Kapolsek Muara Lakitan, AKP Ujang Abu Rahmat saat dikonfirmasi, Jumat (26/11/2021).

“Iya, personel Polsek Muara Lakitan, melakukan pemasangan spanduk himbaun Stop dan Berhenti Penambangan Ilegal diseputaran wilayah hukum Polsek Muara Lakitan,” kata kapolres didampingi kapolsek.

Kapolres menjelaskan, adapun beberapa titik yang dilakukan pemasangan spanduk diantaranya, dipinggir jalan simpang tiga PT BSL Lokasi Sumur Bor Minyak, disimpang Trans Subur serta didepan Mapolsek Muara Lakitan.

“Ada tiga titik yang dipasang oleh personel, namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemasangan spanduk dilokasi lainnya,” jelas AKBP Efran sapaanya.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, tujuan dilakukan pemasangan spanduk himbaun ini tidak lain kiranya mencegah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penambangan secara ilegal.

“Karena jelas, apabila melakukan penambangan secara ilegal, banyak dampak negatif yang akan dialami, mulai dari bahaya terhadap oknum itu sendiri dan bisa merusak lingkungan sekitar,” tutur suami Ny Novi Efran ini.

Kapolres menegaskan, kiranya apabila masih ada oknum yang ngeyel melakukan penambangan ilegal, tentunya akan diproses secara hukum.

Sesuai dengan Pasal 158 UU Nomor 3 Tahun 2020, tentang setiap orang yang melakukan penambangan tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam pasal 35 dipidana dengan pidana penjara maksimal 5 tahun dengan denda maksimal Rp 100.000.000.000.00 (Seratus Miliar Rupiah).

“Oleh sebab itu, kepada oknum yang masih melakukan penambangan ilegal, untuk berhenti, sebelum dilakukan tindakan,” tutup perwira tiga anak ini.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top