Connect with us

Musim Pancaroba, Empat Kecamatan di Mura Rawan DBD

WAWANCARA : Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mura, M Nizar saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Kantor Dinkes, Kabupaten Mura, Rabu (8/7/2020)

Musirawas

Musim Pancaroba, Empat Kecamatan di Mura Rawan DBD

MUSI RAWAS LK-Memasuki musim pancaroba tentunya menjadi sorotan adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Penyakit DBD yang merupakan akibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, dan dapat menular ke pasien lain apabila tergigit oleh nyamuk tersebut.

“Memang benar, saat ini memasuki musim pancaroba, dan Kabupaten Musi Rawas (Mura), merupakan salah satu daerah endemis DBD,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Mura, dr Mifta Hullumi melalui Sekretaris, M Nizar, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (8/7/2020).

M Nizar menjelaskan, di Kabupaten Mura ini ada lima kecamatan yang rentan akan penyakit DBD yakni, Kecamatan Muara Beliti, Tugumulyo, Megang Sakti dan Purwodadi.

Karena, keempat kecamatan tersebut merupakan kecamatan yang padat akan penduduk dan bisa dikenal pusat perkotaan di Kabupaten Mura.

Namun kembali lagi, Mura merupakan daerah endemis penyakit DBD.

“Ya, kita ketahui, penyakit tersebut lebih rentan dengan penduduk yang padat, karena proses penularan melalui gigitan nyamuk cukup besar,” jelas M Nizar.

Lebih lanjut, Nizar menjelaskan, guna untuk mengantisifasi agar tidak terjadinya kejadian luar biasa dari DBD tersebut, tenaga kesehatan baik di Dinkes maupun di setiap puskesmas di Kabupaten Mura serta petugas pemantau jentik untuk terus melakukan sosialisasi untuk menerapkan Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

“Tentunya, apabila PHBS tersebut dilakukan kecil kemungkinan akan tertular dari penyakit DBD, kemudian membuang genangan air, mengubur barang bekas serta menggunakan racun nyamuk,” ucapnya.

Disinggung apakah pihak Dinkes, akan dilakukan fogging?

“Kalau itu, belum, kita lihat kondisi selanjutnya, hanya saja mengenai fogging itu bukan solusi pencegahan, melainkan apabila jentik-jentik nyamuk tersebut sudah berkembang biak serta kasus DBD sudah semakin tinggi,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top