Connect with us

Mura Terima 27 Unit Motor Gerobak Sampah Dari KLHK-RI

Musirawas

Mura Terima 27 Unit Motor Gerobak Sampah Dari KLHK-RI

MUSI RAWAS LK- Sebanyak 27 unit kendaraan roda 3 berupa gerobak sampah diserahkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indoensia (KLHK-RI) kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura).

Pemberian batuan tersebut dalam rangka pengembangan Bank Sampah melalui infrastruktur hijau, Kamis (10/10) di Lapangan Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo.

Penyerahan kendaraan tersebut dilakukan langsung oleh Ditjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK-RI yang diwakili Agus Saipudin dan diterima oleh Bupati Mura, H Hendra Gunawan.

Dari 27 unit kendaraan, baru 10 unit kendaraan yang secara simbolis diserahkan kepada 10 desa dalam Kabupaten Mura. Sedangkan untuk 17 unit masih dalam perjalan pengiriman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mura, Hermeruddin mengatakan, didapatkan gerobak motor sampah ini, berkat aspirasi yang dismapaikan oleh Almarhum Ir. H Nazarudin Kiemas.

“Namun, mengingat masih banyaknya desa dan keluarahan yang membutuhkan bantuan yang sama, maka dia berharap, agar di tahun selanjutnya kembali menerima motor gerobak ini, sehingga seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Mura terpenuhi,” kata Hermerrudin.

Hermerrudin menjelaskan, dengan adanya bantuan ini diharapkan, mampu meningkatkan kinerja Bank Sampah yang ada di Kabupaten Musi Rawas, guna mendukung pencapaian target pengurangan sampah melalui kegiatan bank sampah di desa dan keluarahan.

“Serta mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA karena sudah dilakukan pemilihan sampah dan dimanfaatkan oleh Bank Sampah. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA benar-benar berupa sampah residu yang tidak dapat diolah lagi,” kata Kepala DLH ini.

Sementara itu, Ditjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK-RI yang diwakili oleh Agus Saipudin menyampaikan, di bahwa saat ini sampah menjadi momok masalah yang besar bagi Indonesia, sehingga perlu dan butuh mempercepat penuntasannya.

“Bahkan sejauh ini, kementerian juga sudah melakukan berbagai upaya, mulai dari mengeluarkan kebijakan dan strategi nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga (Jakstrada),” kata Agus sapaanya.

Kemudian lanjut ia, pemerintah pusat mentargetkan 2025 Indonesia bersih sampah. Sehingga tidak melihat lagi sampah di jalan, dikebun dan disungai serta ditempat lainnya. Dengan ini disampaikan, agar tergugah setiap pemerintah daerah memisahkan bantuan dana pengelolaan sampah.

“Dengan bantuan yang diberikan ini, silahkan digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pengelolaan sampah di desa. Sehingga nantinya dapat berpartisipasi dalam mewujudkan Indonesia bersih sampah 2025,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan, atas nama Pemkab Mura dan masyarakat, Bupati mengucapkan terimakasih kepada KLHK-RI dan juga Almarhum Nazarudin Kiemas yang sudah memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Menurut Bupati, Indonesia yang saat ini perang dengan sampah, dan hari ini Kabupaten Mura diminta untuk berpartisipasi dalam perang tersebut dengan diberikanannya 27 unit kendaraan roda 3 gerobak sampah.

Bupati juga berharap, bantuan yang telah diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan jangan sampai beralih fungsi untuk pengangkut pasir atau sawit. Bahkan, jika memang ini terjadi penyalahgunaan, maka akan ditarik kembali sehingga tidak menjadi perdebatan di masyarakat.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan masyarakat Kabupaten Mura, saya yakin anggota DPRD Sumsel dan DPR RI ini bisa memperjuangkan dan meyampaikan ke pemerintah pusat,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Giri Ramanda salah seorang anggota DPRD Sumsel mengatakan, dia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Mura yang masih memberikan suaranya walaupun Almarhum Nazarudin Kemas sudah tidak ada lagi. Ini pengabdian terakhir dengan memperjuangkan 27 motor sampah kepada Kabupaten Mura.

“Termasuk juga aspirasi-aspirasi sebelumnya seperti penerangan lampu jalan umum sebanyak 225 titik, dan tiga buah sumur bor dan bibit pagi, serta beasiswa bidik misi kepada 119 sisawa.
Jadi sudah banyak yang dilajukan oleh almarhum, diharapkan bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat, sehingga tujuan memberikan bantuan ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Mura.,” tutupnya. (Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top