Connect with us

3 Kecamatan di Mura Rawan Bencana Banjir

Musirawas

3 Kecamatan di Mura Rawan Bencana Banjir

MUSI RAWAS, LK – Kepala ‎Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, Paisol mengemukakan bahwa sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Musi Rawas rawan banjir, terlebih saat musim penghujan tiba yang menyebabkan debit air naik. Dari segi demografi, kebanyakan aliran sungai di Kabupaten Mura merupakan aliran sungai dari daerah tetangga seperti Empat Lawang dan Bengkulu.

“Pastinya rawan terjadinya banjir terutama di tiga kecamatan yaitu di Kecamatan Muara Kelingi, Lakitan serta Kecamatan BTS Ulu khususnya di daerah Sembatu Jaya,” kata Paisol, Senin (5/11/2018).

Terhitung empat hari banjir yang merendam 16 rumah warga di Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas (Mura). Namun kapasitas air sudah surut.

Di Desa ‎Darma Sakti sedikitnya ada 12 rumah warga diantaranya rumah, Amran, Topik, Hartoyo, M Inggou, Abdi Padila, Salim, Hanan, Nasijah, Rustam, M Sidik, Jauhari dan Asnani.

Kemudian di Desa Air Beliti dua rumah warga yakni rumah, Darmaini dan Edi Irwan. Sedangkan di Desa Jaya Tunggal juga ada dua rumah warga, rumah Mahdiansyah dan Hamirin Rudiyansah.

Meski banjir sudah mulai surut, namun ‎debit air di beberapa sungai di Kabupaten Mura mengalami kenaikan.

“Kalau di 16 rumah warga sudah tidak lagi digenangi air. Sedangkan debit air di sungai baik Sungai Muara Kelingi, Lakitan serta Muara Megang, memang mengalami kenaikan,” kata Paisol.

Hingga saat ini, kenaikan debit air, masih dalam kategori aman, tidak mengalami kenaikan secara signifikan. Akan tetapi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai dan dataran rendah diimbau agar tetap waspada.

Penulis: Hendy Renaldy – copyright @linggauklik.com 2018

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top