Connect with us

Minat Baca Masyarakat Mura Masih Rendah

Musirawas

Minat Baca Masyarakat Mura Masih Rendah

MUSI RAWAS LK-Minat baca diwilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) masih rendah, walaupun antensi penggunjung perpustakaan daerah cukup tinggi.

Hal tersebut didapatkan dari data serta informasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Kabupaten Mura.

Kepala DPK, Suryadi melalui Kasubag Perencanaan Keuangan dan Aset, Yohanita saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Dirinya menyatakan, rendah minat baca dilihat dari tiga variable serta hasil pemeriksaan sekaligus kunjungan tim provinsi satu semester (enam bulan).

Dari hasil pemeriksaan capaian indeks masih rendah yakni ‎dibawah 50 persen atau sekitar 45 persen dilihat dari range 0 persen hingga 100 persen.

“Tiga variable diantaranya, kebiasaan membaca dimasyarakat sedikit, fasilitas penunjang minim contoh tidak ada taman baca dimasyarakat, serta masyarakat masih banyak yang tidak kenal dengan perpustakaan,” kata Yohanita, Rabu (14/11/2018).

Yohanita menjelaskan, dari informasi yang didapatkan masyarakat masih tidak mengetahui letak dimana perpustakaan daerah dipandu dengan tidak mempunyai gedung perpustakaan, masyarakat hanya mengetahui perpustakaan keliling.

Sehingga fungsi perpustakaan tidak bisa berjalan dengan sebaiknya. ‎Belum lagi tidak memiliki, ruang laktasi, ruangan anak dan lain-lain.

“Sebenarnya, sudah ada wacana gedung perpustakaan akan di bangun di Cindo Park, namun belum ada relealisasi dan tindak lanjutnya, walaupun tiap tahun melalui dana DAK tetapi sampai saat ini belum ada persetujuan,” jelas Yohanita.

Lebih lanjut, Yohanita menjelaskan, rencananya pada 2019 nanti akan menglout ulang gedung perpustakaan agar memiliki gedung layanan perpustakaan daerah lebih baik dengan usulan dana sekitar Rp 180 juta.

“Nantinya, apabila kembali dilakukan peningkatan pembangunan gedung perpustakaan, bukan hanya menambah hanya menambah jumlah pengunjung, melainkan meningkatkan minat baca,” tutup wanita hobi membaca ini.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top