Connect with us

Menteri PDTT RI : Ini Sangat Menarik, Mura Bisa Surplus Beras, Tergantung Management Mendisitribusikan

Musirawas

Menteri PDTT RI : Ini Sangat Menarik, Mura Bisa Surplus Beras, Tergantung Management Mendisitribusikan

MUSI RAWAS LK-Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, H. Abdul Halim Iskandar menghadiri Panen Raya Padi Sawah IP 300, di Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, Sabtu (13/11/2021).

Menteri PDTT RI, Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa dirinya sengaja bersama Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, panen raya dirukun tani.

Dan ada 14 hektare, dengan tiga jenis varitas IR 64, Dayang Rindu, Ciherang, ini sangat menarik 1 hektare bisa menghasilkan beras 3 ton dan satu tahun tiga kali panen.

“Artinya di Mura bisa surplus beras, hanya saja bagaimana managementnya bisa terdistribusi ketempat lain yang minus beras. Dan kalau ini bisa berjalan dengan baik, yang jelas maka kita akan mastikan bahwa infor beras tidak perlu lagi,” kata Menteri PDTT RI.

Menteri PDTT RI menjelaskan, permasalahan infor beras itu kenapa, karena banyak produksi disatu tempat, sementara yang lain minus dan ini tidak bisa terdistribusi dengan baik

“Ini contoh yang bagus di Mura, management petaninya bagus, pendampingan bupati juga bagus, oleh sebab itu hadir disini,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, selain itu mengenai evaluasi pendamping desa, tentunya terus dilakukan peningkatan kafasitas, karena pendamping desa ini mempunyai peran strategis dalam percepatan pembangunan desa.

Salah satu upaya untuk peningkatan kualitas adalah pertama mentoring, kedua pelatihan terstruktur dan ketiga pelaporan kinerja secara online.

“Jadi setiap pendamping harus melaporkan kinerjanya day too day, ini yang akan kemudian termasuk tolak ukurnya bisa dipertahankan untuk tahun berikutnya atau berhenti diakhir tahun, sehingga action yang sifatnya subjektif, semua terukur dengan bagus dan kemudian kinerjanya menjadi sangat terukur,” paparnya.

Disinggung setelah melakukan kunjungan ke Mura apakah bakal ada program kemendes untuk Mura?

“Pasti ada, pertama bicara bumdes, suatu lembaga desa yang sangat bagus, yang hari ini sudah berbadan hukum, artinya banyak hal yang bisa dilakukan, bumdes bisa kerjasama satlantas untuk uji kendaraan, bumdes bisa mengelolah rest area dijalan tol , bumdes bisa mengelolah sumber air secara resmi, bahkan bisa pomdesa bekerjasama dengan pertamina,” jawabnya.

Sementara, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengaku bangga atas kunjungan Mendes PDTT di Bumi Lan Serasan Sekentenan slogan Kabupaten Mura.

Kunjungan ini, katanya memberikan sebuah motivasi bagi daerah terutama masyarakat desa dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan di tiap-tiap desa. Apalagi, Kabupaten Musi Rawas adalah salah satu daerah sentra produksi beras di Provinsi Sumsel.

Bupati menyebutkan, dari 14 kecamatan yang ada di Mura, sebanyak 6 kecamatan merupakan wilayah penghasil beras, yakni Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Muara Beliti, Sumber Harta, Megang Sakti dan Kecamatan STL Ulu Terawas.

“Di Desa E Wonokerto ini (tempat pelaksanaan kegiatan) merupakan desa penghasil beras yang hampir semua penduduknya adalah petani sawah, dimana hasil beras dikelola kelompok lumbung beras bekerjasama dengan BUMDes E Wonokerto,” katanya.

Terkait keberadaan BUMDes, jelas bupati saat ini di Kabupaten Musi Rawas telah berdiri 184 BUMDes dengan jenis usaha yang beragam, seperti, pelayanan, penyewaan, usaha pengantaran, bisnis produksi dan bisnis keuangan.

“Dengan kunjungan Bapak Mentri ke Musi Rawas dapat mendukung program usaha dan pembangunan tani dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani dan meningkatkan ketahanan pangan,” tutupnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, Ketua TP PKK Kabupaten Mura, Riza Novianto Gustam, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel Wilson, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy, Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Taufan Erwinsyah, Kajari Lubuklinggau, Willy, Ketua DPRD Mura, Azandri serta para tamu undangan.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top