Connect with us

Menteri PDTT RI : BUMDes Bisa Meningkatkan Perekonomian Desa, Namun Jangan Merampas Hak Warga

Musirawas

Menteri PDTT RI : BUMDes Bisa Meningkatkan Perekonomian Desa, Namun Jangan Merampas Hak Warga

MUSI RAWAS LK-Dalam sambutan sekaligus arahan, Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, H. Abdul Halim Iskandar, saat menghadiri Panen Raya Padi Sawah IP 300, di Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, Sabtu (13/11/2021).

Menteri PDTT RI, mengingatkan kades untuk tidak merampas hak warganya dengan membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang usahanya sudah dikerjakan oleh masyarakat setempat.

“Jadi saya tegaskan, BUMDes boleh, namun BUMDes tidak boleh mengambil unit usaha yang sudah dilakukan masyarakat kecuali untuk konsolidasi,” Kata Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar.

Menteri PDTT RI menjelaskan, apabila usaha masyarakat juga dilakukan oleh BUMDes, maka pendapatan masyarakat otomatis akan turun.

“Tentunya, menjadikan masyarakat terpuruk karena usaha masyarakat diambil BUMDes,” jelasnya.

Ia menjelaskan, BUMDes terukur akuntabilitasnya, setiap enam bulan sekali kades wajib meminta laporan berkala kepada pengelola BUMDes.

“Kalau BUMDes tidak dijalankan dengan benar, bisa berhadapan dengan hukum, dan akan menimbulkan persepsi masyarakat terhadap BUMDes menjadi jelek,” Tuturnya.

Menteri mengingatkan juga kepada para pendamping desa selaku anak kandung PPDT, harus paham dengan berdirinya BUMDes, karena filosofi BUMDes untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, bukan untuk memberikan kontribusi untuk desa namun merugikan masyarakat.

“Walaupun tidak memberikan kontribusi bagi desa, asalkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top