Connect with us

Mayoritas Mencari Kerja di Luar Mura

Musirawas

Mayoritas Mencari Kerja di Luar Mura

MUSI RAWAS LK- Tingginya angka pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Musi Rawas (Mura), tidak diimbangi lowongan kerja.

Sehingga hampir 50 persen dari jumlah pencari kerja (Pemcaker) yang mengajukan pembuatan AK1 atau surat kuning mengaku untuk mencari kerja di luar Kabupaten Mura.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Mefta Joni melalui Kasi Penempatan Tenaga Kerja, Herwanto.

Dikatakannya, perusahaan besar hanya membutuhkan orang-orang yang mahir dibidangnya. Sehingga banyak pencari kerja Mura yang susah diterima bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Hingga September 2019, sedikitnya 852 pencari kerja mengajukan pembuatan surat kuning atau AK1.

“Dari jumlah tersebut, lebih dari 50 persennya mencari kerja di luar Kabupaten Mura. Sebab 852 pencaker tersebut, tidak seluruhnya lulusan sarjana. Mereka banyak yang bekerja di toko-toko, seperti Alfamart, Indomart dan toko-toko lainnya. Sedangkan di Kabupaten Mura, sangat jarang toko tersebut berada,” ungkapnya.

Tingginya angka pencaker tersebut sambung ia, dikarenakan beberapa faktor, terutama desakan ekonomi keluarga. Sehingga banyak warga membutuhkan pekerjaaan. Bahkan hampir sebagian besar warga yang membuat AK1 tersebut, didominasi untuk melamar pekerjaan di luar Sumatera terutama Jawa.

“Surat ini bisa berlaku hingga keluar pulau Sumatera. Kebanyakan mereka membuat surat AK1 tersebut, saat kami tanya mau melamar kerja dimana, rata-rata jawabnya mau melamar kerja di Pulau Jawa,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, saat ini ada beberapa perubahan dalam persyaratan untuk pembuatan surat AK1 maupun surat kuning tersebut. Sebab Disnakertrans Mura telah mendapat sertifikat ISO.

“Pengajuan pembuatan surat AK1 harus melampirkan foto copy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir, foto copy KK atau KTP, dan pas poto warna serta map warga merah satu lembar,” pungkasnya.

Sementara itu, Indra (28) salah seorang remaja asal Kecamatan Tugumulyo disela-sela pembuatan AK1 menyampaikan, tujuan membuat surat kuning atau AK1 untuk melamar kerja salah satu perusahaan di Lubuklinggau.

“Saya mau melamar kerja di Lubuklinggau dan AK1 ini menjadi saloah satu persyaratannya. Untuk pelaporan diterima bekerja, salah satu fotokopi AK1 sudah dicantumkan nomor whattsapp. Jadi Insyaallah kalau diterima, saya akan melaporkannya melalui nomor tersebut,” tutupnya. (Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top