Connect with us

Masih Ada Perusahaan Tak Penuhi Hak Pekerja

Musirawas

Masih Ada Perusahaan Tak Penuhi Hak Pekerja

MUSI RAWAS LK- Kepala Koordinator Wilayah (Koorwil) Pengawasan Ketenagakerjaan Kabupaten Musi Rawas (Mura), Muratara dan Lubuklinggau, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Aniek Wijayanti menegaskan bahwa masih ada perusahaan yang tidak memberikan hak-hak pekerja sesuai dengan peraturan yang ada.

Terbukti sepanjang 2019 ini, pihaknya menerima 13 kasus pengaduan normatif terkait masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Mura.

Dikatakannya, adapun diantaranya 13 pengaduan tersebut diantaranya, PT BBA terkait masalah struktur dan skala upah, PT Djuanda Sawit terkait masalah hak-hak selama sakit berkepanjangan, PT Agro Sawit Mura masalah upah, PT DAL masalah perubhan sistem waktu kerja dan upah. Kemudian, PT GSSL masalah keterlambatan gaji dan PT PWS outsourching pertamina pendopo masalah kekurangan upah, THR dan lembur.

“Dari beberapa pengaduan itu hanya dari PT PWS yang masih proses fasilitas penyelesaian. Sedangkan, yang lainnya sudah selesai ditingkat Koorwil. Sebab, jika apa yang menjadi tuntutan pekerja dpenuhi, maka masalah ini dianggap selesai karena adanya kesepakatan antara pekerja dan perusahaan,” kata Anik.

Anik menjelaskan, dengan adanya pengaduan tersebut membuktikan bahwa hingga saat ini masih ada perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Mura masih belum memberikan hak-hak pekerja, sesuai yang diatur dalam undang-undang (UU) ketenagakerjaan.

Bahkan, menurutnya hampir setiap tahun pengaduan selisih dan konflik antara pekerja dan perusahaan selalu ada.

“Dalam memfasilitasi penyelesaiannya konflik, kami juga mengeluarkan nota pemeriksaan pengawas ketenagakerjaan, yang ditembuskan kepada Bupati untuk dijadikan pertimbangan sanksi administratif kepada perusahaan. Sedangkan, bilamana ada kasus pidana akan diselesaikan ke tingkat PPNS Disnakertrans Sumsel,” tutupnya. (Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top