Connect with us

Kurang 11 Dokter Umum dan 11 Dokter Gigi

Musirawas

Kurang 11 Dokter Umum dan 11 Dokter Gigi

MUSIRAWAS, LK- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memastikan bahwa Kabupaten berslogan Bumi Lan Serasan Sekantenan ini, masih kekurangan Dokter Umum dan Dokter Gigi.

Kepala Dinkes Mura Hj Mifta Hulumni melalui Sekretaris M Nizar mengatakan bahwa adapun kekurang tersebut berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes RI) Nomor 75 Tahun 2014 tentang puskesmas.

Dimana dalam Permenkes tersebut diatur jumlah ideal dokter di Kabupaten. Untuk Dokter Umum idealnya 38 dokter dan Dokter Gigi idealnya 19 dokter. Sedangkan untuk posisi sekarang lanjut ia, Kabupaten Mura baru memiliki 27 Dokter Umum dan delapan Dokter Gigi. Dimana jumlah tersebut tersebar di 19 Puskesmas dalam Kabupaten Mura.

“Artinya untuk Dokter Umum kita kurang 11 dokter dan Dokter Gigi juga kurang 11 dokter. Itu berdasarkan Permenkes,” jelasnya.

‎Dikatakannya, untuk puskemas perawatan idealnya memiliki dua Dokter Umum. Dimana dari 19 Puskesmas setidaknya 9 Puskesmas yang mengalami kekurangan Dokter Umum. Yakni; Puskesmas Selangit, Terawas, O Mangun Harjo, Kelingi IVC, Muara Beliti, Muara Kati, Air Beliti dan Puskemas Pian Raya.

‎”Terkhusus untuk Puskesmas Sungai Bunut ini, kurang dua Dokter Umum karena memang belum memiliki Dokter Umum. Memang sejauh ini baru tujuh Puskesmas Perawatan, namun di 2019 mendatang seluruh Puskesmas di Mura dipastikan akan menjadi Puskesmas Perawatan. kecuali Puskesmas L Sidoharjo, yakni Puskesmas Rawat Jalan dan UGD,” ungkapnya.‎

Ditambahkannya, sedangkan untuk Puskesmas yang belum memiliki Dokter Gigi, yakni Puskesmas Sumberharta, Megangsakti, L Sidoharjo, Muarakati, Jayaloka, Air Beliti, Ciptodadi, Cecar, Sungai Bunut, Muara Lakitan dan Puskesmas Karya Sakti.

‎”Sedangkan upaya untuk menutupi kekurangan tersebut. Maka Puskesmas diperbolehkan mengangkat Tenaga Kerja Sukarela (TKS), sesuai dengan kemampuan Puskesmas yang bersangkutan,” tutupnya.

Penulis: Hendy Renaldy – copyright @linggauklik.com 2018

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top