Connect with us

Ketua PWI Sumsel : Wartawan Tidak Meminta, Apabila Lembaga Memberi

LANTIK : Proses pelantikan Ketua PWI Kabupaten Mura 2029-2023, Jhuan P.H Silitonga beserta 21 pengurus oleh Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar dan Pjs Bupati Mura, H Ahmad Rizali di Auditorium, Pemkab Mura, sekitar pukul 09.30 WIB, Kamis (26/11/2020).

Musirawas

Ketua PWI Sumsel : Wartawan Tidak Meminta, Apabila Lembaga Memberi

*Kepugurusan PWI Kabupaten Mura 2020-2023 Di Lantik

MUSI RAWAS LK-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Selatan (PWI Sumsel), H Firdaus Komar melantik, Jhuan P.H. Silitonga menjadi Ketua PWI Kabupaten Mura 2020-2023.

Pimpinan Redaksi, Sumateraheadline.com, beserta 21 pengurusnya dilantik di Auditorium, Pemkab Mura, sekitar pukul 09.30 WIB, Kamis (26/11/2020).

Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Mura Periode 2020-2023, mengusung, tema,” Menuju Pers Mura Semakin Terdepan (Terampil, Cerdas, Dedikasi, Beretika, Profesional dan Bermanfaat),”.

Dalam kesempatan itu, pelantikan kepegurusan PWI Kabupaten Mura dihadiri langsung, Pjs Bupati Mura, H Ahmad Rizali, Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra Kirana, Kepala Dinas Komunikasi Statistik, M Rozak, Kasubag Humas Polres Mura, AKP Madroji dan Danramil Tugumulyo Kapten Inf Rozali.

Serta, Selain, Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar juga dihadiri Waka Bidang Organisasi, Anwar R Rasuan dan Ketua SIWO, Kawan Dante.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Kabupaten Mura, Jhuan P.H Silitonga dalam sambutannya mengatakan bahwa seiring perubahan dunia yang memasuki era digitalisasi, peran pers harus dapat lebih dikedepankan lagi dalam menyampaikan informasi yang lebih konkrit, aktual dan edukatif.

Pers di Mura, telah mengalami banyak kemajuan dan perubahan, hal itu terlihat dari semakin banyaknya jumlah wartawan dan media pers di Bumi “Lan Serasan Sekentenan” ini.

“Semakin banyak wartawan, semakin banyak media maka informasi yang di sampaikan ke pembaca juga akan semakin banyak dan variatif,” kata Jhuan sapaanya.

Jhuan menjelaskan, namun, bukan hanya kuantitas banyaknya pewarta yang diutamakan, tetapi bagaimana kualitas pewarta tersebut juga harus ditingkatkan.

Selain kualitas, juga dituntut sikap dan etika dalam setiap individu wartawan yang bertugas di Mura, sehingga itu juga akan menjadi wajahnya Pers Mura yang lebih baik.

“Maka, kami PWI Mura telah bersepakat selama tiga tahun di periode ini, akan mengemban dan menuntaskan apa yang menjadu Visi PWI Musi Rawas Periode 2020-2023. Yakni, Menuju Pers Musi Rawas Semakin Terdepan (Terampil, Cerdas, Dedikasi, Beretika, Profesional dan Bermanfaat)

Untuk mewujudkan visi tersebut juga telah tersusun lima Misi yang menjadi Program kerja PWI Mura.

Ada dua sisi tujuan yang menjadi prioritas dari program kerja tersebut, yakni pertama tujuan kedalam, yang berorientasi kepada peningkatkan kapasitas, kualitas dan kompetensi Pers Mura semakin Terdepan.

Kemudian, kedua tujuan keluar, fokus kepada peran serta organisasi dalam meningkatkan sinergitas dan komunikasi untuk secara bersama, ikut mencerdaskan masyarakat dan mengeksplor potensi daerah serta program kerja pemerintah daerah sehingga Kabupaten Mura akan semakin Membahana Keseluruh Persada Nusantara.

“Untuk mewujudkan ini semua, kita harus dapat menyatukan komitmen, menyatukan gagasan, menyatukan tekad dan soliditas sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dalam membangun maayarakat pers dan kepentingan umum dapat terwujud,” kata Ketua PWI Kabupaten Mura.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar menyampaikan arahannya, semoga dalam memimpin PWI Kabupaten Mura, dilancarkan.

Tentu banyak kendala ditemui, sebab dalam kepengurusan setiap anggota mempunyai beragama kemampuan dan intelektual yang berbeda hanya saja sebagai ketua harus bisa menempatkan diri dan memilih.

“Pemimpin diuji untuk mengambil keputusan untuk melakukan kebijakan, maka itula merupakan bagian dari pemimpin,” kata Firdaus Komar.

Firdaus Komar menjelaskan, di ibaratkan sebuah pohon ada beberapa bagian, ada yang menjadi daun, akar, batang, ranting dan lain-lain.

Tidak mungkin dalam suatu anggota tersebut mempunyai sama dalam peran, dan terbalik.

“Artinya, sudah mempunyai skill dan kemampuan masing-masing, hanya saja tinggal meminalisirnya,” jelas Firdaus.

Lebih lanjut, Firdaus menjelaskan, berkaitan dengan fungsi pers, salah satu fungsinya menciptakan pers yang sehat hingga menghasilkan produk jurnalis yang sehat pula.

Dalam artian sesuai dengan kode etik jurnalistik, kredibilitas yang tinggi sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999, dengan kontrol sosial dengan pihak manapun.

“Kami, tidak meminta, apabila lembaga memberikan kepada kami,” tegas pria mengenakan kaca mata dipadu jas hitam ini.

Dalam kesempatan itu, Pjs Bupati Mura, H Ahmad Rizali mengucapkan selamat kepada kepengurusan PWI Kabupaten Mura yang dilantik.

“Saya, mewakili Pemda Mura, mengucapkan selamat kepada kepengurusan PWI Kabupaten Mura 2020-2023 yang dilantik hari ini,” kata Ahmad Rizali

Ahmad Rizali menjelaskan, PWI merupakan garis terdepan, sebab pers mempunyai kedudukan yang unik dan masuk pilar ke empat.

Fungsi, media massa adalah mendekatkan yang jauh khususnya informasi seperti salah satu contoh pemberitaan mengenai presiden amerika baru-baru.

“Artinya, kita bisa mengetahui informasi tersebut, tanpa harus kelokasi ataupun menyaksikan secara langsung bergantinya presiden tersebut,” jelas Pjs Bupati Mura.

Lebih lanjut, ia berharap kepada para pers khususnya anggota PWI Kabupaten Mura untuk dapat membantu program dan kinerja Pemkab Mura.

“Artinya, jadikan kami ini sebagai teman dan saudara untuk saling berinteraksi,” tutup Ahmad Rizali.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top