Connect with us

Kasat Pol PP: OPD Harus Siapkan Apar‎

Musirawas

Kasat Pol PP: OPD Harus Siapkan Apar‎

*Cegah Api Membesar ‎

MUSI RAWAS LK– Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Sat Pol PP-Damkar), Kabupaten Mura, mensosialisasikan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyediakan, Alat Pemadam Api Ringan (Apar).

Hal itu dilakukan tidak lain untuk ‎mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran di lingkungan OPD dilingkungan Pemrintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura).

Kepala Satpol PP-Damkar, Kabupaten Mura, Syamsul Joko Karyono mengatakan bahwa memang penting apabila Apar ada disetiap ruangan OPD, guna  mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran.”Maka kita akan mensosialisasikan di setiap OPD dan meminta agar masing-masing ruangan dalam OPD tersebut harus menyediakan Apar,” kata Syamsul Joko Karyono, Jumat (21/12/2018).

Joko sapaanya menjelaskan, ‎sehingga apabila terjadi kebakaran akan mempercepat dalam penanganannya (memadamkan api), minimal tidak membesar.‎

“Maka dari itu kita himbau kepada setiap OPD untuk menyediakan Apar. Rencana penyediaan Apar ini akan disosialisasikan pada 2019 mendatang,” jelas pria berseragam coklat.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan,  sejauh ini sesuai dengan pemantauan di setiap OPD di Kabupaten Mura ini, masih ada OPD yang belum memiliki Apar. Untuk itu, dalam sosialisasi tersebut, maka akan lebih ditekankan dan harus menyiapkan.

“Ini sangat penting, jadi nanti akan kita tekankan kepada masing-masing OPD. Karena selain sebagai antisapati bencana kebakaran, juga memperceoat penanganannya. Sehingga diharapkan api tidak akan sampai membesar,” ucap pria ini.
Joko menambahkan, setelah memberikan sosialisasi di tingkat OPD, maka selanjutnya akan diteruskan ke tingkat kecamatan dan desa. Hal tersebut mengingat untuk saat ini armada pemadam kebakaran yang di miliki Pemerintah Kabupaten Mura hanya dua unit. Sehingga tidak mampu mengcover semua wilayah dalam Kabupaten Mura.
“Sosialisasi ini nanti akan berlanjut ke kecamatan dan Desa serta kelurahan dan langsung ke masyarakat. Mengingat begitu pentinya, maka akan terus kita berikan himbauan kepada masyarakat. Karena sangat tidak mungkin jika armada yang kita miliki hanya dua unit mampu mengcover 186 desa 13 kelurahan yang jaraknya jauh,” tutupnya. (Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top