Connect with us

Jawab Isu Peredaran Narkoba didalam Lapas, Tim Gabungan Lakukan Sidak‎

Musirawas

Jawab Isu Peredaran Narkoba didalam Lapas, Tim Gabungan Lakukan Sidak‎

*633 BB Dimusnakan‎

MUSI RAWAS LK-Maraknya isu peredaran narkoba yang disinyalir dikendalikan dari dalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas)

Tim gabungan petugas Lapas Narkotika Kelas II A Lubuklinggau, BNN Kabupaten Musi Rawas (Mura) ‎dan Satnarkoba Polres Mura melakukan sidak diseluruh blok dan sel warga binaan baik napi maupun tahanan.

Setelah melaksanakan sidak, dilangsungkan dengan pemusnaan barang bukti (BB), yang selama tahun 2018 ditemukan yakni sejumlah 633 unit Handphone (Hp).‎

Pelaksanaan sidak sekaligus pemusnaan bb dipimpin langsung Kalapas Narkotika Kelas II A Lubuklinggau, Suyatna, Kepala BNN Mura, Hendra Amoer serta perwakilan Satnarkoba Polres Mura.

Adapun giat ini dilakukan setelah melaksanakan Apel Siaga Aktualisasi Tertib Pemasyarakatan betajuk “Musi Bergerak”, sekitar puku 08.30 WIB,  Senin (17/12/2018).

Kalapas Narkotika Kelas II A Lubuklinggau, Suyatna mengatakan bahwa  sidak sudah menjadi kegiatan rutin khusus pegawai lapas, namun, kesempatan sidak dengan melibatkan BNN dan Kepolisian barulah perdana dilasungkan.

Rencananya sidak ini akan menjadi agenda rutin guna bersama-sama memerangi maraknya peredaran narkoba, terutama yang berkaitan erat atas informasi peredaran terjadi didalam lapas.

“Sebenarnya kalau sidak yang dilakukan pegawai hampir setiap hari secara rutin, namun kali ini mengajak pihak BNN dan Satnarkoba Polres Mura, baru pertama kalinya, tapi tidak menutup kemungkinan akan dilakukan secara berkelanjutan,” kata Suyatna, Senin (17/12/2018).Suyatna menjelaskan, sidak dilakukan dengan cara menyisir ke seluruh penjuru bagian lapas, tidak ditemukan barang-barang berbahaya begitupun juga narkoba.

“Hanya saja, kesempatan ini kita musnakan lebih kurang 633 barang sitaan sepanjang tahun 2018, terdiri dari baik handphone, maupu peralatan lainnya,” jelas pria berseragam biru muda ini.‎

Lebih lanjut, Suyatna menyebutkan sebagai komitmen bersama dalam hal memerangi narkoba. Pihaknya bersama, BNN dan Satnarkoba Polres Mura sudah tergabung dalam Satgas P4GN. Sehingga, dengan kordinasi tersebut. Pihaknya tidak akan toleransi segera berikan tindak tegas
“Yang jelas giat sidak kita apresiasi, peran BNN dan kepolsian, saya tegaskan tidak mentoleren, jika memang terbukti,” tegasnya.

Senada disampaikan, Kepala BNN Mura, Hendra Amoer mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dengan dilakukannya sidak ini, tentu saja harus tetap melakukan koordinasi dan akan lebih baik jika dilakukan secara rutin.

“Ini merupakan kegiatan positif, suka tidak suka, mau tidak mau. Semua berkembang, terkait adanya narkoba beredar maupun dikendalika dalam lapas. Sebab, semua namanya pengendalian itu erat kaitanya dengan idikasi, kalau lah terjadi komunikasi itu karena adanya dan maraknya keberadaa handphone ditemukan dari dalam lapas,”kata Hendra Amoer.

Hendra sapaanya menjelaskan, dalam memberantas penyalagunaan narkoba sangatlah diperlukan. Dimana, semua tidaklah lekas dengan adanya giat sidak dengan mengelar razia. Namun, juga perlu adanya kordinasi menjadi sesama baik BNN, lapas ataupun kepolisian.

“Setelah kita sama-sama mengecek langsung dan hasilnya negatif, tetapi nantinya masih ada ditemukan, artinya kedepan memang perlu langkah semacam ini terus ditingkatkan, pastinya jangan sampai kecolongan lagi, kami sangat mendukung pernyataan ataupun giat yang dilakukan lapas, jika nantinya apabila ada terindikasi silakan ditangkap,” tutup mantan Kepala BNK Kabupaten Mura ini.(Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top