Connect with us

Inventaris Desa Diduga Jarang Dikembalikan

Musirawas

Inventaris Desa Diduga Jarang Dikembalikan

MUSI RAWAS LK-Di tahun 2019 ini ada 14 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Musi Rawas (Mura), yang habis masa jabatannya.

Tentunya apabila habis masa jabatan akan digantikan dengan penjabat kades sementara.

Namun yang menjadi sorotan, semua perlengkapan kades seperti motor dan lainnya harus segera dikembalikan kedesa yang ia jabat sebelumnya.

Tetapi faktanya dilapangan kadang kala kades tersebut lalai untuk mengembalikan bahkan tidak ada niat untuk mengembalikan perlen‎gkapan desa yang ia pakai selama menjadi kades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Mura, Mefta Joni melalui Kasi Pembinaan dan Aset Desa, Petrus Wakijo mengatakan bahwa mengenai aset desa yakni perlengkapan desa yang digunakan kades bawasanya belanja yang berasal dati APBD desa.

“Tentunya saja harus ada serah terima penjabat kades yang lama kepada penjabat kades yang baru,” kata Petrus Wakijo saat ditemui diruang kerjanya,” Jumat (11/1/2019).

Petrus sapaanya menjelaskan, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, ‎Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa. ‎Dimana isi permendagri tersebut  tentang pengadaan dan penghapusan.

“Namun dari permendagri tersebut tidak ada payung hukum ataupun sanksi bagi kades yang habis masa jabatannya, tetapi mengenai sanksi dan yang lainnya itu lebih kepemerintahan bukan permasalahan aset desanya,” jelas Petrus.

Untuk diketahui berdasarkan data yang didapatkan di kantor DPMD Kabupaten Mura ada 14 kades ditahun 2019 yang akan habis masa jabatanya.

Diantaranya, Juwita Kades Sukarami, M Dani Kades Sumber Sari, ‎Kecamatan Sumberharta, Zulwetri Kades Triwikaton, Subiyanto Kades Widodo, Kecamatan Tugumulyo, Junaidi Kades Purwodadi, Zakri Kades Ngesti Karya, Kecamatan Jayaloka.

Kemudian, Ponijo Kades Ciptodadi II, Kecamatan Sukakarya, Suhardi Kades Kebur Jaya, Kecamatan TPK, Ahmad Yani Kades Suka Menang, Kecamatan Muara Kelingi, Wasila Kades Mukti Karya, Kecamatan Muara Lakitan.

Selanjutnya, Lukman Nawai Kades Kembang Tanjung, Kecamatan BTS Ulu, Rahman Jalili Kades Remayu, Kecamatan Tuah Negeri, Yudi Suarsa Kades Muara Rengas, Muhamad Ali Mustain Kades Lubuk Pandan, Kecamatan Muara Lakitan.(Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top