Connect with us

HUT RI Ke-76, Pegawai Lapas Narkotika Muara Beliti Usulkan 308 Warga Binaan Terima Remisi

Musirawas

HUT RI Ke-76, Pegawai Lapas Narkotika Muara Beliti Usulkan 308 Warga Binaan Terima Remisi

MUSI RAWAS LK– Sebanyak 308 warga binaan (WB) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kabupaten Mura, diusulkan untuk menerima remisi hari perayaan HUT Republik Indonesia Ke-76, Selasa (17/8/2021), mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Rudik Erminanto didampingi KPLP, Roby Fernandez saat dikonfirmasi, Minggu (15/8/2021).

Dikatakannya, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti akan memberikan remisi terhadap 308 warga binaan, untuk mendapat potongan masa tahanan pada HUT RI Ke-76

“Tahun ini, kita usulkan 308 warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti untuk mendapat remisi atau potongan masa tahanan,” ujarnya.

Rudik menjelaskan, dari jumlah tersebut terdiri dari dua kategori remisi yakni RU-I diberikan kepada warga binaan yang setelah mendapatkan remisi khusus, namun masih menjalani sisa pidana.

Sedangkan, remisi RU-II diberikan kepada napi yang langsung bebas pada saat pemberian remisi HUT RI Ke-76.

Untuk potongan masa tahanan, di RU I ada 288 orang, meliputi 18 orang masa tahanan dua bulan, 57 orang masa tahanan tiga bulan, 67 orang masa tahanan empat bulan, 127 orang masa tahanan lima bulan dan 18 orang masa tahanan enam bulan.

Sedangkan, RU II ada 20 orang, 1 orang masa tahanan tiga bulan, 3 orang masa tahanan empat bulan, 10 orang masa tahanan lima bulan dan 6 orang masa tahanan enam bulan.

“Namun, dari jumlah keseluruhan, ada satu warga binaan yang mendapatkan bebas,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dari 308 orang napi yang akan menerima remisi, adalah warga binaan yang berperilaku baik selama di dalam Lapas dan telah menjalankan pidana di atas enam bulan.

“Sementara, untuk warga binaan yang tidak menerima remisi ada beberapa faktor, mulai dari masih berstatus tahanan dan belum menjalani enam bulan penjara dari masa tahanan,” ungkapnya.

Kembali, Rudik menjelaskan, faktor lainnya yakni ada yang belum mempuyai PP 99 perihal remisi, atau juga belum memiliki justice colaborator atau surat keterangan dari instansi yang menahan mereka.

“Usulan penerima remisi HUT RI Ke-76, ini bisa berhasil dan kemungkinan juga bisa ada penambahan,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top