Connect with us

HUT RI Ke-76, Pegawai Lapas Narkotika Kelas II Muara Beliti Kenakan Pakaian Adat, Satu Warga Binaan Bebas, 307 Terima Remisi

Musirawas

HUT RI Ke-76, Pegawai Lapas Narkotika Kelas II Muara Beliti Kenakan Pakaian Adat, Satu Warga Binaan Bebas, 307 Terima Remisi

MUSI RAWAS LK-Ada yang berbeda dari biasanya, di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI Ke-76), seluruh pegawai Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas II A Muara Beliti, menggenakan pakaian adat diseluruh daerah Indonesia.

Hal tersebut dilakukan, lantaran ada kegiatan sekaligus upacara pemberian remisi atau kurangan masa tahanan dilapas bertepatan dengan HUT RI Ke-76.

Sedikitnya, ada 308 warga binaan, Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas II A Muara Beliti, menerima remisi.

Dari, 308 warga binaan ada 1 warga bina bebas bersyarat bisa menghirup udara beba diluar lapas, sedangkan 19 masih dikenakan masih ada denda subsider.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Rudik Erminanto didampingi KPLP, Roby Fernandez dan Kasi Binadik, Meta Putra saat dikonfirmasi, Rabu (18/8/2021).

“Tahun ini, kita usulkan 308 warga binaan, untuk mendapat remisi atau potongan masa tahanan, dan sesuai dengan keputusan Kemenkumham, usulan tersebut disepakati,” kata Rudik didampingi Roby dan Putra sapaanya.

Kalapas menjelaskan, dari 308 orang warga binaan yang akan menerima remisi, adalah warga binaan yang berperilaku baik selama didalam lapas dan telah menjalankan pidana di atas enam bulan.

Sementara, untuk warga binaan yang tidak menerima remisi ada beberapa faktor, mulai dari masih berstatus tahanan dan belum menjalani enam bulan penjara dari masa tahanan.

“Faktor lainnya yakni ada yang belum mempuyai PP 99 perihal remisi, atau juga belum memiliki justice colaborator atau surat keterangan dari instansi yang menahan mereka,” jelas Kalapas.

Kembali, Kalapas memaparkan, dari jumlah tersebut terdiri dari dua kategori remisi yakni RU-I diberikan kepada warga binaan yang setelah mendapatkan remisi khusus, namun masih menjalani sisa pidana.

Sedangkan, remisi RU-II diberikan kepada warga binaan yang langsung bebas pada saat pemberian remisi HUT RI Ke-76.

Untuk potongan masa tahanan, di RU I ada 288 orang, meliputi 18 orang masa tahanan dua bulan, 57 orang masa tahanan tiga bulan, 67 orang masa tahanan empat bulan, 127 orang masa tahanan lima bulan dan 18 orang masa tahanan enam bulan.

Sedangkan, RU II ada 20 orang, 1 orang masa tahanan tiga bulan, 3 orang masa tahanan empat bulan, 10 orang masa tahanan lima bulan dan 6 orang masa tahanan enam bulan.

“Namun, dari jumlah keseluruhan, ada satu warga binaan yang bebas secara langsung, sedangkan 19 masih dikenakan masih ada denda subsider,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud menyampaikan arahannya, remisi merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah, yang diberikan kepada WBP berprestasi, serta telah patuh menjalankan aturan dan memenuhi syarat.

“Remisi ini juga sebagai motivasi bagi warga binaan lainnya, untuk menunjukkan sikap lebih baik lagi selama menjalani masa tahanan. Jadilah insan yang baik, taat aturan, buatlah prestasi, bermanfaat bagi lingkungan, dan jangan mengulangi lagi perbuatan yang melawan hukum,” kata Bupati.

Kegiatan itu, penyerahan remisi HUT RI ke-76 di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, dihadiri Wabup Mura, Hj Suwarti, Ketua TP PKK Mura, H Riza Novianto Gustam, Wakapolres Mura, Kompol Ali Sadikin dan para pegawai Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top