Connect with us

Hujan Deras dan Angin Kencang, Empat Rumah Rusak

Musirawas

Hujan Deras dan Angin Kencang, Empat Rumah Rusak

*Satu Warga Tertimpa Pohon ‎

 MUSI RAWAS LK- Hujan deras disertai angin puting beliung ‎membuat empat rumah rusak berat dan 20 rusak ringan di Desa Muara Nilau, Kecamatan Selangit, Kabupaten Mura.

Untungnya bencana alam tersebut tidak memakan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Dan satu warga mengalami luka ringan pada bagian pahanya, lantaran tertimpa pohon saat berada di kebunnya.

Kejadian yang sempat membuat heboh disertai cemas warga setempat terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, Sabtu (17/11).

Ketua Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura Paisol mengatakan bahwa selain menyebabkan rumah rusak, peristiwa tersebut juga menyebabkan beberapa pohon tumbang dan menutup jalan lintas Desa Muara Nilau.

Empat rumah warga yang mengalami rusak berat yakni, atas nama Ali Gani, Gadis, Fajar, dan juga Daim.

Hampir keempat rumah tersebut, mengalami kerusakan dibagian atap, lantaran ikut terbang terbawa kencangnya angin. Mendapat informasi dari Camat lanjut ia, pihaknya langsung menurunkan tim TRC PB BPBD Mura ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan membantu warga yang menjadi korban.

Ditambahkannya, dari keemapat rumah yang mengalmi ruak berat, namun untuk sementara ini pihaknya menyerahkan bantuan berupa terpal untuk menutup atap yang rusak. Tak hanya itu, tim TRC BPBD Mura juga menyingkirkan batang pohon yang menutup jalan penghubung desa, dengan menggunakan chainsaw dan peralatan lainnya. ‎

“Akhirnya jaan penghubung desa di Kecamatan Selangit sudah bisa dilalui, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, serta pihak PLN juga sudah masuk untuk membenahi kabel yang putus akibat pohon tumbang,” jelas Paisol.

Sementara itu, Camat Selangit Cristiandi Argani mengatakan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kejadian itu mengakibatkan satu warga Desa Muara Nilau mengalami luka ringan lantaran tertimpa pohon yang tumbang saat berada di kebun.

“Memang sempat dilarikan ke rumah sakit di Kota Lubuklinggau. Tapi karena lukanya tidak parah, maka langsung di bawa pulang untuk dipijatkan saja. Karena lukanya cuman tulang pahanya yang bergeser,” kata Cristiandi.

Cristiandi menjelaskan,saat ini kondisi desa sudah aman dan kondusif. Bahkan untuk rumah warga yang mengalami kerusakan juga sudah dilakukan perbaikan dengan bergotong royong.

“Bahkan untuk pohon-pohon yang tumbang dan menghalangi jalan, juga sudah dibersihkan. Termasuk juga kabal listrik yang putus, sudah diperbaiki oleh petugas PLN,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, d‎ari empat rumah yang mengalami rusak berat masih katanya, namun yang sebenarnya satu yang rusak berat atas nama Ali Gani yang atap rumahnya terbang. Namun saat ini sudah diperbaiki dengan menepel seng-seng rumahnya yang terbang.

“Bahkan memastikan tidak ada korban lain di desa lainnya, kita sudah memonitornya. Dan memang untuk desa lainnya ini pohon-pohon perkebunannya yang rusak,” tutupnya.(Roem Royen)‎

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top